Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-03 14:59:40

Jumlah Pengawas Sekolah di Kabupaten Probolinggo Tidak Ideal

PENDIDIKAN: Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo terus memaksimalkan kompetensi pengawas sekolah, meski jumlah pengawas dengan jumlah lembaga pendidikan tidak sebanding.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Jumlah pengawas sekolah di Kabupaten Probolinggo tidak ideal. Dari data Dinas Pendidikan (Dispendik) setempat jumlah pengawas sekolah hanya ada 36 orang. Sementara jumlah sekolah di Kabupaten Probolinggo di semua tingkatan mencapai 1.967 lembaga.

Jumlah 36 pengawas itu meliputi 13 orang di tingkat PAUD, tingkat SD sebanyak 17 orang dan tingkat SMP sebanyak 6 orang.

Baca Juga : Pemkab Jember Fasilitasi 30 Motor untuk Pengawas Pendidikan

Sementara untuk jumlah PAUD sebanyak 1.178 lembaga. Untuk SD sebanyak 574 lembaga, sedangkan tingkat SMP tercatat sekitar 215 lembaga.

Baca Juga : Sekolah Dasar di Banyuwangi Menjadi Sasaran Pelemparan Batu

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo, Fathur Rozi mengatakan idealnya jumlah pengawas itu setiap satu orang pengawas dapat menangani 10 sekolah SD binaan. Kemudian untuk SMP, satu orang pengawas dapat menangani dan membina sebanyak 40 orang guru.

Meski kekurangan pengawas di setiap jenjang sekolah, namun Rozi meminta kepada setiap pengawas untuk tidak berkeluh kesah. Jumlah yang ada dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja, dan juga berbagi dengan sekolah-sekolah yang ada. "Supervisi itu tetap harus dilaksanakan, bagaimanapun caranya," terangnya, Minggu (27/3/2022).

Dengan kondisi itu, Dispendik sudah melakukan diklat calon pengawas yang nanti akan didistribusikan untuk mengisi kekosongan pengawas. Diklat itu juga untuk meningkatkan kompetensi para pengawas yang nantinya akan membina lembaga sekolah ataupun guru.

Menurutnya, selama ini kompetensi pengawas di Kabupaten Probolinggo sangat baik. Hanya saja perlu adanya peningkatan, sesuai dengan tuntutan zaman. Apalagi saat ini sudah ada revolusi industri 4.0 dan smart society 5.0, yang menuntut satu kompetensi lebih dari seorang pengawas sekolah untuk melaksanakan tugasnya. "Sehingga pengawas lebih berkompeten," ucap pria berkacamata itu. (zr/don)