Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-15 18:58:33

Jumlah Roda Kurang, Truk Sampah Nekat Melaju

TAK SEIMBANG: Truk sampah milik DLH Kota Probolinggo saat melewati perlintasan rel kereta api, Kelurahan Mangunharjo, Kota Probolinggo. (foto: facebook)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Truk pengangkut sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo, bikin heboh media sosial. Pasalnya, roda belakang kendaraan di kedua sisi yang seharusnya berjumlah dua, namun di sisi kanan hanya terdapat satu roda saja. Meski tak lengkap, namun truk plat merah itu tetap nekat melaju.

Truk pengangkut sampah itu direkam oleh pengendara motor pada Senin (15/2/2021), lalu diunggah ke media sosial facebook. Bahkan, setelah salah satu akun bernama “Novan Arisandy” menyebarkan video tersebut di facebook grup langsung mendapatkan 253 suka, 237 komentar dan 4 kali dibagikan.

Baca Juga : Viral Video Pria Rusak Motor, Ternyata Motifnya Asmara

Dalam rekaman tersebut, truk berwarna hijau itu melaju pelan dari arah timur ke barat di daerah Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, tepatnya di perlintasan kereta api.

Baca Juga : Target Tahun 2022 Zero Plastik, Pemkot Ajak Masyarakat Gunakan Kantong Nonplastik

Kepala DLH Kota Probolinggo, Rahma Deta Antariksa, membenarkan bahwa truk Nopol N 8019 RP itu milik DLH yang mengangkut sampah di kawasan Kelurahan Mangunharjo. Menurutnya, salah satu roda belakang sisi kanan mengalami kebocoran sehingga tidak bisa dipakai.

Rachma Deta menjelaskan, saat itu petugas baru saja mengambil roda yang bocor di bengkel. “Sebelumnya dititipkan agar bisa diperbaiki," katanya.

Deta menganggap, bahwa kejadian seperti itu sudah biasa terjadi saat ban bocor. DLH sendiri sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 50 juta di tahun 2021, untuk pemeliharaan kendaraan. (ang/don)