Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-04 15:12:55

Jumlah Vaksin Tahap Dua Jauh dari Kebutuhan

MENUNGGU: Salah satu ASN Pemkab Probolinggo saat mengikuti vaksinasi di Puskesmas Pajarakan, Rabu kemarin.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah menerima vaksin Sinovac dari pemerintah pusat di tahap dua sebanyak 18.100 dosis. Jumlah itu sangat jauh dari jumlah sasaran yang diajukan oleh Pemkab Probolinggo, yakni 127.944 orang.

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Mudjoko, mengatakan, 18.100 dosis itu hanya akan memenuhi sasaran 9.050 orang saja. "Untuk dosis pertama dan dosis kedua," katanya, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga : Divaksin saat Puasa, Efeknya Tambah Lapar

Tapi, Mudjoko menambahkan, ia mendapatkan instruksi dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) agar 18.100 dosis tersebut harus dihabiskan untuk dosis pertama. Sedangkan untuk vaksin pada dosis kedua, masih  menunggu kiriman vaksin selanjutnya yang belum diketahui kapan datangnya. "Kita sudah mengajukan," ujarnya.

Baca Juga : Jika Belum Divaksin, Guru Tak Boleh Mengajar

Dari instruksi itu, pihaknya langsung mendistribusikan vaksin yang masih tersisa ke fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Probolinggo untuk 9.050 orang sasaran. Salah satunya vaksinasi yang digelar di Puskesmas Pajarakan pada Rabu (03/03/2021) kemarin, yang diikuti oleh kalangan wartawan, perangkat desa se Kecamatan Pajarakan, dan sebagian ASN. (zr/don)