Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-29 20:17:52

Jusuf Kalla Ajak Umat Islam Salat Tarawih Berjamaah di Masjid

MASJID: Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla (depan tengah), memastikan bahwa salah tarawih di bulan ramadan boleh digelar secara berjamaah di masjid-masjid. Hal itu dikatakan olehnya saat meresmikan masjid di Desa Suko, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Selasa (29/3/2022) sore.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Bulan Ramadan akan tiba. Pelaksanaan ibadah salah tarawih masih menjadi perbincangan, sebab saat ini masih pandemi Covid-19. Namun Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla (JK) mengajak masyarakat untuk tetap melaksanakan salat tarawih berjamaah di masjid.

Hal itu disampaikan Jusuf Kalla saat peresmian masjid di Desa Suko, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Selasa (29/3/2022) sekira pukul 16.30 WIB. Saat itu JK didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dalam kesempatan itu ia berharap agar masyarakat bisa memakmurkan masjid. Dengan cara membiasakan diri salat lima waktu berjamaah di masjid, termasuk melaksanakan salat tarawih selama bulan ramadan. "Sekarang boleh rapat (shafnya)," terangnya pada awak media.

Saat ditanya mengenai pengaturan volume pengeras suara masjid, JK mengatakan bahwa pengeras suara tetap bisa digunakan. Hanya saja suaranya jangan sampai mengganggu tempat ibadah lainnya, seperti musala atau masjid yang berdekatan jaraknya. "Nanti volumenya bisa diatur," katanya. (zr/don)