Andika Apriyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-05 22:19:47

KA Pandanwangi dan KA Ranggajati sampai Tidak Beroperasi

LENGANG: Stasiun Banyuwangi pada Senin (5/7) siang, tampak lengang. Selain berkurangnya jumlah penumpang buntut PPKM Darurat, juga karena adanya kereta lokal yang tidak beroperasi.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - PPKM Darurat yang mulai dilaksanakan pada tanggal 3-20 Juli 2021, membuat perjalanan kereta api (KA) semakin diperketat. Bahkan, beberapa kereta lokal sampai tidak beroperasi.

Broer Rizal, selaku Vice President Daop 9 Jember, yang juga mewilayah Banyuwangi mengatakan, salah satu kereta lokal yang tak beroperasi adalah KA Pandanwangi rute Banyuwangi-Jember. “Juga KA Ranggajati rute Jember-Cirebon,” katanya

Baca Juga : Penerapan PPKM Berpotensi Timbulkan PHK Besar-besaran di Banyuwangi

Selain berdampak adanya KA yang tak beroperasi, PPKM Darurat juga berdampak pada calon penumpang KA. Selain wajib memiliki surat bebas covid 19, calon penumpang juga harus memiliki sertifikat vaksin minimal tahap pertama.

Baca Juga : Klaim PPKM Berhasil, Angka BOR Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jember Turun Jadi 75 Persen

Sementara jika merujuk pada Surat Edaran Menteri Perhubungan No 43 Tahun 2021 tentang Perjalanan Darat di Masa Pandemi, Rizal menyampaikan bahwa Daop 9 Jember saat ini tidak memberlakukan tes genos dalam syarat perjalanannya. “ Diperbarui minimal rapid test antigen,” ujar Rizal.

Untuk itu, Daop 9 Jember wilayah Banyuwangi menyediakan layanan tes rapid antigen di beberapa stasiun. Seperti, Stasiun Ketapang, Stasiun Banyuwangi Kota, Stasiun Rogojampi, Stasiun Setail, dan beberapa stasiun lainnya di Kabupaten Banyuwangi. (dik/don)