Kabupaten Probolinggo Bertabur Prestasi

Hilal Lahan Amrullah
Hilal Lahan Amrullah

Wednesday, 16 Nov 2022 18:47 WIB

Kabupaten Probolinggo Bertabur Prestasi

PRESTASI: Wabup Timbul Prihanjoko saat menerima Penghargaan dan Lencana Bhakti Desa Pertama dari Kemendes PDTT RI atas komitmen dan kerja keras dalam mendorong perce­patan pembangunan desa.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Penghargaan demi penghargaan diraih Kabupaten Probolinggo di bawah kepemimpinan Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko. Penghargaan diraih untuk level regional maupun nasional, sejak September 2021 hingga November 2022.

Adapun penghargaan yang diraih Pemkab Probolinggo pada September 2021, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Utama. Ini merupakan apresiasi atas keberhasilan Kabupaten Probolinggo dalam pelaksanaan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi Pengarusutamaan Gender (PUG). Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Jakarta, pada Jumat (24/09/2021).

Berikutnya pada Bulan Oktober 2021 Pemkab Probolinggo meraih Apresiasi dari Menteri Keuangan RI atas Perolehan Opini WTP Kabupaten Probolinggo selama 5 kali berturut-turut tanpa terputus, bersama 25 kabupaten/kota lainnya di Jawa Timur. Penghargan tersebut diterima langsung oleh Plt. Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko dari Gubernur Jawa Timur pada acara Penyerahan Penghargaan Pemerintah Republik Indonesia di Hotel Kokoon Banyuwangi pada Jumat (29/10/2021).

Pada November 2021, Penghargaan Top 3 (Terbaik Ketiga) Kategori Umum pada Penghargaan Top 30 Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur Tahun 2021, yaitu Inovasi “Bumi Kraksaan” (Budidaya Udang Vanamei RAS di Media Air Laut Buatan) oleh Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo. Penghargaan diserahkan oleh Menteri PAN RB RI Tjahjo Kumolo di Exhibition Hall Grand City Surabaya pada Jumat (19/11/2021).

Desember 2021, Pemkab Probolinggo meraih penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI atas Support Pemerintah Kabupaten Probolinggo pada Pelaksanaan Smart City Pendukung Kawasan Strategis Bromo Tengger Semeru. Diserahkan oleh Menkominfo RI Johnny G. Plate dalam Indonesia Smart City Conference di International Convention Center (ICE) BSD City Kota Tangerang pada Selasa (14/12/2021).

Desember 2021, Penghargaan Kategori Pratama dari Kementerian Desa, DT dan Transmigrasi tahun 2021 kepada Plt. Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko atas Komitmen dan Kerja Keras dalam Mendorong Percepatan Pembangunan Desa sehingga Seluruh Desa di Kabupaten Probolinggo Mencapai Status Berkembang, Maju dan Mandiri. Penghargaan diserahkan oleh Menteri PDTT RI di Gedung Negara Grahadi pada Rabu (29/12/2021).

Desa Klaseman Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo meraih penghargaan sebagai 3 (Tiga) Terbaik Desa Cantik (Cinta Statistik) Jawa Timur untuk Kategori Desa dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur. Penghargaan diserahkan oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Timur Dadang Hardiwan kepada Sekretaris Desa Klaseman Suparman dalam Evaluasi dan Pemanfaatan Data Susenas 2021 Dalam Rangka Transformasi Statistik di Golden Tulip Holland Resort, Batu pada Rabu (15/12/2021).

Pemkab Probolinggo juga diganjar penghargaan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo atas Support dan Fasilitasi Layanan Kemasyarakatan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo. Diserahkan dalam Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama tahun 2022 pada Senin (03/01/2022).

Selain itu, penghargaan dari Ombudsman RI dengan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dengan nilai 92,08. Penghargaan ini diserahkan oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur kepada Plt. Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko pada Senin (31/01/2022).

Piagam penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Probolinggo dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Probolinggo sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik Tahun 2021. Penghargaan secara simbolis diterimakan di Auditorium Madakaripura pada Rabu (30/03/2022).

Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2021 Kategori B dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2021 Kategori B dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI. Penghargaan diterima Plt. Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko secara virtual di Guest House Kraksaan pada Selasa (05/04/2022).

Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Pemeriksaan LKPD tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Ini merupakan anugerah WTP kali kesembilan secara berturut-turut sejak 2013. Diserahkan oleh Kepala Sekretariat BPK-RI Perwakilan Jawa Timur Sigit Pratama Yudha kepada Plt. Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko dan Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo di auditorium kantor BPK RI Perwakilan Jawa Timur di Sidoarjo pada Selasa (17/05/2022).

Sedangkan Pemkab Probolinggo juga meraih  penghargaan Kategori Bidang Piutang Negara dari Direktorat Jendral Kekayaan Negara Jawa Timur kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo atas Sinergi Terbaik Bidang Piutang Negara Kategori Pemerintah Daerah. Penghargaan ini diserahkan secara virtual oleh Kepala Bidang Piutang Negara Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Timur Fatimatul Isnaeni kepada Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono di Ruang Pertemuan Argopuro Kantor Bupati Probolinggo pada Kamis (19/05/2022).

Penghargaan sebagai Daerah Bebas Frambusia dari Kementerian Kesehatan RI juga diraih oleh pemkab setempat. Penghargaan tersebut Diberikan dalam bentuk sertifikat Eradikasi Frambusia atau Bebas Frambusia yang ditandatangani oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin, yang diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo mewakili Wakil Bupati Probolinggo dalam peringatan Hari Malaria Sedunia (HMS) di Sirkuit Mandalika, Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Selasa (31/05/2022).

Penghargaan Adiwiyata Provinsi Jawa Timur diraih atas nama SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan, SDN Kedungcaluk 1 Kecamatan Krejengan dan SMKN 2 Kraksaan serta Penghargaan Desa/ Kelurahan Berseri atas nama Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan untuk Kategori Mandiri dan Desa Kalirejo Kecamatan Dringu untuk Kategori Pratama. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dalam acara peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tingkat Provinsi Jawa Timur di Jatim International Expo (JIE) Convention Exhibition, Surabaya pada Senin (12/09/2022).

Sementara penghargaan lainnya yaitu dari Kementerian Keuangan RI atas Prestasi Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) minimal 5 kali berturut-turut. Per saat ini, Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah menerima Opini WTP 9 kali berturut-turut sejak Tahun 2013. Penghargaan diserahkan dalam acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 secara virtual melalui zoom meeting, pada Kamis (22/09/2022).

Pemkab Probolinggo juga diganjar penghargaan dan Lencana Bhakti Desa Pertama dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI. Penghargaan diberikan kepada Wabup Timbul Prihanjoko atas komitmen dan kerja keras dalam mendorong percepatan pembangunan desa sehingga seluruh desa di Kabupaten Probolinggo mencapai status berkembang, maju dan mandiri. Penghargaan diserahkan Menteri Desa PDTT RI Abdul Halim Iskandar didampingi Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa di KRI Makassar Markas Koarmada II Surabaya, pada Kamis (27/10/2022).

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan RI juga menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo atas Keberhasilan Menyusun atau Menyajikan Tahun 2021 dengan Opini WTP dan Capaian WTP Minimal 5 Kali Berturut-turut untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2017 sampai 2021. Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur kepada Wabup Timbul Prihanjoko di Hotel Bumi Surabaya, pada Senin (14/11/2022). (*/hla/why)


Share to