Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-05 13:06:41

Kades Terpilih Diperkirakan Dilantik Bulan Agustus

MENUNGGU: Proses pemungutan suara pilkades di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan telah digelar pada Minggu, 2 Mei lalu. Kini, kades terpilih tinggal menunggu tahapan pelantikan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM -  Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap satu di 62 desa se-Kabupaten Probolinggo telah selesai dilaksanakan pada Minggu (2/5) lalu. Saat ini, para kades terpilih di 62 desa itu tinggal menunggu prosesi pelantikan yang direncanakan akan digelar pada bulan Agustus 2021 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Penataan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, Nur Rahmat Sholeh. Ia mengatakan bahwa saat ini masih masuk dalam tahapan pelaporan.

Baca Juga : Pemkab Probolinggo Menerapkan Prokes Ketat, Pelaksanaan Pilkades Serentak Lancar

Dimana, panitia pilkades harus melaporkan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing-masing terkait hasil rekapitulasi penghitungan suara. "Dilengkapi dengan berita acaranya," katanya, Rabu (5/5).

Baca Juga : Pemkab Probolinggo Terapkan Prokes Ketat, Pelaksanaan Pilkades Serentak Lancar

Nur Rahmad menjelaskan, tahapan ini membutuhkan 7 hari jam kerja terhitung sejak selesainya pemungutan suara, atau akan selesai pada Selasa (11/5) mendatang.

Selanjutnya, BPD setempat akan meneruskan laporan tersebut kepada Bupati Probolinggo melalui camat masing-masing. Untuk meneruskan laporan itu, BPD juga mempunyai waktu 7 hari jam kerja atau sampai pada tanggal 20 Mei 2021. Tak hanya meneruskan, dalam laporannya, BPD juga meminta bupati untuk melakukan pengesahan terhadap kades terpilih. "Hitungannya bukan kalender biasa, tapi kalender hari kerja," ujarnya.

Setelah itu, bupati mempunya waktu sebanyak 30 hari jam kerja, terhitung sejak laporan diterima. Namun Nur mengaku belum bisa memastikan batas waktu pelaporan bupati ini sampai tanggal berapa. Karena beberapa hari kedepan banyak momentum hari libur. Di antaranya libur Hari Raya Idul Fitri dan libur hari biasa sabtu dan minggu. "Kami perkirakan bulan 8 nanti," ujarnya, melalui pembicaraan via seluler. (zr/don)