Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-25 18:00:31

Kali Ini, Banjir Setinggi 1,5 Meter Melanda Pakis Banyuwangi

BANJIR LAGI: Air banjir di Lingkungan Pakis Rowo, Kelurahan Pakis, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi mulai surut. Meski tak lagi menggenangi rumah warga, namun air banjir masih merendam jalan umum.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Wilayah Kabupaten Banyuwangi kembali dilanda banjir. Kali ini banjir setinggi 1,5 meter merendam permukiman warga di Lingkungan Pakis Rowo, Kelurahan Pakis, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi. Banjir itu terjadi sejak Kamis (24/3/2022) sekira pukul 23.00 WIB. Hingga Jumat (25/3/20220) sekira pukul 16.00 WIB, banjir belum surut.

Diketahui, banjir terjadi setelah wilayah Banyuwangi diguyur hujan deras sejak Kamis sore hingga Kamis malam.

Baca Juga : Terjebak Macet Panjang, Sopir Mengeluh

Salah satu warga setempat, Hotimah mengatakan bahwa wilayah tempat tinggalnya menjadi langganan banjir. Saban hujan lebat mengguyur selama seharian, Hotimah dan warga lainnya mulai berjaga-jaga akan banjir. "Daerah sini sering terjadi banjir, tapi tidak sebesar ini," ujarnya.

Baca Juga : Jalan Gending Banjir, Banyak Motor Mogok, Macet Panjang Pula

Saat terjadi banjir, warga sesegera mungkin menyelamatkan barang ataupun dokumen penting untuk dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Selain itu mereka sesekali memantau ketinggian air yang masuk ke rumahnya.

Banjir di Kelurahan Pakis ini disebabkan karena daerah tersebut tergolong dataran rendah, serta saluran air yang melintasi permukiman warga terlalu kecil sehingga air meluap. Selain itu, permukiman yang padat penduduk ini tidak ada kawasan untuk resapan air.

Hotimah berharap kepada pemerintah agar memberikan solusi agar lingkungannya terbebas dari banjir. "Kami kebingungan kalau banjir terus menerus," katanya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Banyuwangi, Mujito mengatakan bahwa banjir yang terjadi di Lingkungan Pakis Rowo telah merendam permukiman warga yang dihuni 100 KK. "Untuk kondisi saat ini, banjir mulai barangsur surut," ujar Mujito.

Diketahui, hingga Jumat pukul 16.00 WIB, petugas gabungan bersama relawan membantu warga untuk mengevakuasi dan membersihkan perabotan warga yang terdampak banjir. (rl/don)