Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-07-17 18:25:56

Kapal Pemancing Karam Dihantam Ombak, 4 Terselamatkan, Nakhoda Hilang

TERSELAMATKAN: Penumpang kapal yang karam diperiksa kondisinya di kantor Satpolair Polres Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sebuah kapal slerek yang ditumpangi para pemancing, karam dihantam ombak di perairan Probolinggo, Sabtu (16/7/2022) siang. Empat orang penumpangnya berhasil diselamatkan pada Minggu (17/7/2022) sekitar pukul 01.30 WIB. Sedangkan nakhodanya masih belum ditemukan. 

Nakhoda sekaligus pemilik kapal yang belum ditemukan itu adalah  Alex, warga Desa Klaseman, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga : Nakhoda Alex Ditemukan Mengambang di Perairan Gili

Sedangkan empat pemancing yang menjadi penumpang kapal tersebut adalah Alen, 38, warga Jalan Jemursari Selatan 2 Surabaya;  Lukman Hakim, 37, warga Jalan Gubeng Kertajaya Surabaya; Caesar Ardian, 33, warga Jalan Margo Bawero, Kota Madiun. Ketiganya merupakan Pegawai Sipil Negara (PNS) Kantor imigrasi Surabaya.

Baca Juga : Nakhoda yang Hilang Itu Dikenal Sosok Tidak Sombong

Adapun penumpang keempat ialah Eric Sinjoyo, 38, warga jalan raya Imam Rejo, Desa Sawo Cangkring, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo.

Kapal slerek itu dinakhodai sendiri oleh pemiliknya, yaitu Alex. Ia lebih dulu menjemput 4 orang pemancing dari Surabaya itu pada Sabtu (16/7/2022) sekitar pukul 05.00 WIB. Dari Surabaya mereka mencari spot pancing yang bagus. Berlayarlah mereka ke perairan pulau Gili Ketapang Probolinggo.

Namun nahas, pada pukul 14.00 WIB, kapalnya dihantam ombak cukup besar hingga karam. Alex dan 4 penumpangnya terpaksa berenang menggunakan pelampung yang telah disediakan. Lalu Alex berpamitan mencari pertolongan ke bibir pantai.

Alex berenang menepi menggunakan alat bantu jerigen solar. Setelah itu, tidak ada kabar keberadaan  Alex. Sedangkan 4 penumpang diselamatkan oleh kapal nelayan Gili pada Minggu (17/7/2022) sekitar pukul 01.30 WIB. Itu berarti mereka telah terombang-ambing di laut selama sekitar 11 jam.

Kasatpol Air Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno mengatakan, pihaknya fokus melakukan evakuasi dan perawatan pada 4 korban yang masih trauma itu. Pemeriksaan dilakukan oleh Urkes Polres Probolinggo di Kantor Satpol Air.

Selain itu, Satpolair juga masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi atas peristiwa itu. "Kami juga masih melakukan pencarian pemilik perahu yang hilang," kata AKP Slamet, Minggu (17/7/2022).

Selanjutnya, AKP Slamet menghimbau kepada para nelayan apabila melaut dan menemukan Alex di perairan agar dievakuasi. Para nelayan juga diimbau untuk  berhati-hati saat melaut di cuaca yang kurang baik. (zr/why)