Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-07-12 22:41:28

Kapal Terbakar di Paiton, 25 Awak Terselamatkan

TERBAKAR: Kapal Motor Lautan Papua Indah saat terbakar di perairan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Selasa (12/7/2022).

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Nasib nahas menimpa Kapal Motor (KM) Lautan Papua Indah. Kapal pencari ikan tersebut terbakar hebat di perairan Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Selasa (12/7/2022) sekitar pukul 15.00. Syukur saja 25 orang awak kapal tersebut berhasil terselamatkan. 

Berdasar informasi yang dihimpun tadatodays.com, KM Lautan Papua Indah saat itu baru berlayar di sekitar 2,5 kilometer dari daratan Paiton. Kapal tersebut sebelumnya berlayar dari Pelabuhan Kota Probolinggo.

Baca Juga : Ditinggal Mencari Ikan, 5 Sepeda Motor Nelayan Paiton Terbakar

Firdaus, salah seorang Anak Buah Kapal (ABK) KM Lautan Papua Indah, mengaku tidak tahu pasti  penyebab terjadinya kebakaran itu. Dirinya bersama ABK lainnya baru tahu setelah mendengar bunyi ledakan. Ledakan itu dibarengi dengan kobaran api yang menyambar kapal.

Baca Juga : Gudang Gedank Cell Soetomo Terbakar, Dipicu Korsleting

Melihat itu, Firdaus bersama ABK lainnya langsung melompat ke air untuk menyelamatkan diri. Mereka berenang di laut selama lebih dari satu jam, hingga akhirnya diselamatkan oleh kapal nelayan setempat. “Semua ada 25 orang yang ada diatas kapal," terangnya.

Mulyadi, nelayan yang menyelamatkan para ABK KM Lautan Papua Indah, mengaku saat itu dirinya habis menjaring ikan di laut. Saat hendak pulang itu, ia melihat kepulan asap dan kobaran api. Karena itu, ia langsung mendekat dan menyelamatkan ABK yang sedang berenang di air.

Selain Mulyadi, ada beberapa nelayan lain yang ikut mendekat dan menyelamatkan para ABK KM Lautan Papua Indah. “Kalau kapal saya saja tidak cukup," kata Mulyadi. Selanjutnya, para ABK kapal nahas itu ditampung di Pos Angkatan Laut (Posal) Paiton Probolinggo. (zr/why)