Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-08-06 16:19:04

Karatan, BPBD Bersihkan Tangki Air

DIBERSIHKAN: Tangki milik BPBD yang mulai berkarat telah dilepas dari bodi kendaraan, sebab kondisi tangki tersebut mulai berkarat dan mempengaruhi kebersihan air bersih yang akan disuplai kepada warga terdampak kekeringan.

PASURUAN, TADATODAYS.COM – Wilayah Kabupaten Pasuruan masih kerap dilanda kekeringan saban musim kemarau. Untuk mmpersiapkan hal itu, BPBD setempat mulai membersihkan tangki air yang digunakan untuk mengirim air bersih.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris mengatakan, pihaknya menyiapkan dana Rp 85 juta untuk meremajakan armada pengiriman air bersih. “Salah satu tangki air sudah karatan,” katanya, Jumat (6/8/2021).

Harris menyampaikan, kondisi tangki air yang berkarat akan mempengaruh kebersihan air yang akan disalurkan kepada masyarakat terdampak kekeringan. Salah satunya air berubah menjadi kuning.

Diketahui, BPBD hanya memiliki 2 kendaraan tangki air. Satu mobil tangki sudah menggunakan tangki berbahan stainless. Sementara tangki yang akan diganti berbahan besi yang mudah karat.

Menurutnya, kesiapan mobil tangki tidak hanya diperlukan saat kekeringan, tapi juga saat terjadi bencana banjir.

Diketahui, BPBD Kabupaten Pasuruan telah melakukan asesmen sejumlah wilayah setempat yang rawan kekeringan. Mengacu pada data tahun lalu, terdapat 23 desa di 7 kecamatan yang rentan mengalami kekeringan.

Di Kecamatan Winongan, wilayah yang rentan kekeringan terdapat di Desa Jeladri, Kedungrejo, dan Sumberrejo. Sedangkan di Kecamatan Lumbang, tersebar di Desa Lumbang, Watulumbung, Cukurguling, Karangjati, dan Karangasem.

Di Kecamatan Pasrepan, desa yang rentan kekeringan terdapat di Desa Mangguan, Ngantungan, Sibon, Klakah, Pasrepan, dan Petung. Untuk Kecamatan Lekok, terjadi di Desa Pasinan, Balunganyar, Semedusari, dan Wates.

Sedangkan di Kecamatan Kejayan, ada Desa Kedungpengaron serta Oro-oro Pule. Untuk Kecamatan Grati, satu desa yang rentan kekeringan, yakni Desa Karanglo. Sementara di Kecamatan Gempol, desa yang rentan kekeringan terdapat di Desa Bulusari dan Wonosunyo. (ang/don)