Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-14 19:42:05

Karyawan BUMN Coba Curi Kotak Amal, Ternyata Ini Sebabnya

PERCOBAAN: Warga menunjukkan kotak amal yang disasar pelaku. Polsek Sumberasih menghentikan penyelidikan kasus tersebut setelah takmir masjid menyelesaikannya secara kekeluargaan. (foto: Polsek Sumberasih)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Hariyanto, 52, warga Dusun Krajan RT/RW 1 Desa Muneng Kidul, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo tepergok mencuri uang kotak amal Masjid At Taqwa di Dusun Kenanga, Desa Pesisir, Kecamatan Sumberasih. Namun aksinya ketahuan dan dapat digagalkan setelah diteriaki maling oleh warga setempat.

Informasi yang dihimpun tadatodays.com, bermula saat pria yang bekerja di salah satu perusahaan milik negara itu meminta temannya untuk diantar dari Desa Muneng Ke Desa Pesisir dengan menggunakan sepeda motor. Ia lantas meminta turun di kawasan tempat kejadian perkara, Rabu (14/7/2021) pagi.

Baca Juga : Mesin Pengeras Suara Masjid Seharga Total Rp 14 Juta Digondol Maling

Hariyanto turun dari sepeda motor dan kemudian ditinggalkan oleh temannya. Ia tiba-tiba langsung menuju ke TKP.

Baca Juga : Amankan Sopir Pengangkut Kayu Sonokeling Ilegal, Polsek Gempol Buru Pelaku Lainnya

Ternyata, Hariyanto telah menyiapkan beberapa benda di antaranya benang, lem dan kertas. Benda-benda itu kemudian dipadukan untuk menarik uang di kotak amal.

Beruntung, aksi itu dapat digagalkan setelah satu orang yang datang ke masjid dan melihat perbuatan Hariyanto.

Hariyanto pun diteriaki maling. Sejumlah warga selanjutnya berbondong-bondong mengamankan pelaku.

Kapolsek Sumberasih, Iptu Suyanto membenarkan bahwa ada tindak pencurian uang kotak amal. Ia menerangkan pelaku adalah karyawan di salah satu perusahaan milik negara.

Akan tetapi, Hariyanto mengalami gangguan pada otaknya setelah mengalami kecelakaan.

Polisi yang karib disapa Yanto ini mengatakan, kasus tersebut sudah diselesaikan secara kekeluargaan oleh takmir masjid, Kepala Desa Muneng dan Kepala Desa Pesisir. Sebab pelaku mengalami gangguan psikologis dan tidak ada kerugian keuangan yang dicuri. "Uangnya belum berhasil diambil," katanya. (ang/don)