Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-14 21:05:59

Kasus Covid-19 Naik, Even Banyuwangi Festival Dievaluasi

FESTIVAL: Banyuwangi Festival (B-Fest) telah diluncurkan pada 27 Januari 2022. Namun seiring melonjaknya kasus Covid-19, Bupati Ipuk Firstiandani akan mengevaluasi setiap kegiatan B-Fest yang menimbulkan kerumunan dalam skala besar.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Even Banyuwangi Festival atau B-Fest 2022 telah diluncurkan pada Kamis (27/1/2022). Namun saat ini, B-Fest akan dievaluasi karena kasus Covid-19 di Banyuwangi terus meningkat.

Diketahui, berdasarkan data Satgas Covid-19 per Senin (14/2/2022), jumlah kasus positif Covid-19 Banyuwangi sebanyak 947 kasus. Karena tingginya kasus tersebut, Bupati Banyuwangi Ipuk Firstiandani akan mengevaluasi even B-Fest yang menimbulkan kerumunan.

Baca Juga : Pemkab Banyuwangi Tidak Adakan Open House, Ini Alasannya

Pada Februari ini, ada beberapa kegiatan rangkaian B-Fest. Seperti,  Banyuwangi Culture Every Week pada 5 Februari, Festival Buah Naga yang akan digelar pada 18 Februari, Foto Kopi Festival digelar pada 19 Februari, dan Banyuwangi Coffee Week pada 25 Februari.

Baca Juga : Idul Fitri Masih Pandemi, Bupati Jember Tak Gelar Open House

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi gelaran B-fest. Festival yang berpotensi menimbulkan kerumunan dalam skala besar akan ditunda. "Seperti Banyuwangi Culture Every Week, akan kita evaluasi dan akan kita tunda dulu. Tapi itu tidak akan membatalkan jadwal Banyuwangi Festival. Termasuk yang (Even, Red) internasional tetap berlanjut," ujarnya.

Saat ini Pemkab Banyuwangi meminta dukungan seluruh kalangan di Banyuwangi agar B-Fest berlangsung dengan baik.

Sebagai langkah antisipasi, Ipuk meminta warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). "Ketika prokes di tengah masyarakat diperketat, mudah-mudahan tidak ada lonjakan yang harus masuk ke rumah sakit," ujarnya.

Diketahui, Banyuwangi Festival digelar sepanjang tahun 2022 dengan total 99 even. Even tersebut ada yang berskala internasional, dan diharapkan mampu menambah jumlah wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. (rl/don)