Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-10-02 21:48:42

Kasus Ijazah Palsu, Tersangka Markus Ditahan di Rutan Kraksaan

DITAHAN: Markus (tengah) saat ditahan karena kasus ijazah palsu. Sementara tersangka lain, Abdul Rasyid kini buron.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Polisi menahan Markus, tersangka yang turut terlibat dalam pemalsuan ijazah Abdul Kadir, mantan anggota DPRD yang diberhentikan. Markus mulai ditahan di Rutan Kraksaan, pada Senin (28/9/2020).

AKP Rizki Santoso, Kasat Reskrim Polres Probolinggo mengapresiasi sikap Markus yang selalu kooperatif. "Iya benar mas, ditahan di rutan Kraksaan Senin siang. Markus kooperatif setiap kali dipanggil selalu datang," ungkapnya melalui pesan singkat Whatsaap. Rabu (30/9/2020).

Baca Juga : Rasyid, Tersangka Ijazah Palsu Anggota Dewan di Probolinggo Belum Tertangkap

Terpisah, Pengacara Abdul Kadir, Husnan Taufik, mengapresiasi kinerja yang dilakukan oleh Polres Probolinggo walau terkesan lambat. Namun ia berharap Markus bukanlah menjadi korban satu-satunya seperti apa yang dirasakan oleh kliennya.

Baca Juga : Tersangka Ijazah Palsu, Markus Belum Ditahan karena Sakit

"Terkesan lambat tapi pasti. Tapi saya harap penahanan Pak Markus ini jangan sampai menjadi korban seperti Kadir," tutur Husnan.

Untuk itu ia meminta kepada pihak Kepolisian agar segera menangkap Abdul Rasyid, tersangka lain yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Polres Probolinggo. Husnan menilai larinya Rasyid ini merupakan pelecehan bagi pihak kepolisian. Sehingga Rasyid harus segera dicaritahu keberadaannya dan ditangkap agar keyakinan masyarakat terhadap kepolisian tidak berkurang.

Iapun berharap pihak kepolisian tetap berlaku objektif terhadap kasus ini. Sehingga tidak ada kesan membedakan antara seseorang di mata hukum.

"Saya acungkan jempol dan terimakasih kepada pihak kepolisian dan kejaksaan mohon selanjutnya ada tindak lanjut yang positif," tandas pengacara asal Pegalangan Maron ini.

Seperti diberitakatan tadatodays.com sebelumnya Markus dan Rasyid merupakan tersangka baru atas kasus ijazah palsu yang digunakan Abdul Kadir, mencalonkan diri sebagai anggota DPRD tahun 2019. Markus dan Rasyid disangka turut terlibat dalam benerbitan ijazah tersebut. Sebelumnya Markus tidak ditahan karena sakit dan Abdul Rasyid menjadi DPO. Sedangkan Abdul Kadir sendiri yang sebelumnya ditahan di rutan Kraksaan sudah bebas melalui progam asimilasi. (zr/hvn)