Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-16 14:37:35

Kasus Pencurian Sepeda Pancal juga Marak di Kota Probolinggo

PENCURI: Pelaku bertopi terlihat membawa sepeda pancal milik korban, yang diparkir di depan parkiran Rio Digital Printing, Jalan Pahlawan Kota Probolinggo. Peristiwa itu terekam kamera CCTV yang terpasang di TKP.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sepeda pancal saat ini menjadi sasaran pelaku pencurian. Di Kota Probolinggo, beberapa kasus pencurian sepeda pancal telah terjadi.

Seperti yang terjadi di Rio Digital Printing, Jalan Pahlawan Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Sabtu (15/1) kemarin, sekira pukul 16.09 WIB. Dalam rekaman CCTV, pelaku dengan santainya menggondol sepeda pancal milik karyawan Rio Digital Printing.

Baca Juga : Ditinggal Andok Mie Dower, Motor Dicuri, Terekam CCTV

Sepeda pancal itu milik Nur Anisa Istiqomah, 22, warga Jalan Wijaya Kusuma II no 5 Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Selama tiga bulan bekerja di tempat percetakan itu, ia selalu memarki sepedanya di depan tempat ia bekerja. Setiap harinya, sepeda pancal itu ia gunakan untuk berangkat bekerja dari rumahnya yang berjarak sektiar 1,1 kilometer.

Baca Juga : Bekuk Spesialis Pencurian dengan Sasaran Nasabah Bank

Dalam rekaman kamera pengintai itu, pelaku berpakaian kemeja motig hitam-merah muda. Pelaku juga bertopi warna kombinasi ungu, bercelana dan memakai sandal jepit warna kuning.

Sebelum tiba di TKP, pelaku berjalan dari arah timur menuju TKP. Sesampainya di depan parkiran tempat korban bekerja, pelaku dengan tenang menggondol sepeda pancal warna merah muda itu. Selanjutnya, pelaku membawa sepeda tersebut ke arah Jalan Sam Ratulangi.

Febilia Nurul Arifah, 23, rekan kerja korban saat ditemui di tempat kerjanya, Minggu (16/1) pukul 09.30 WIB, mengatakan bahwa ia mengetahui persis bagaimana saat Anisa sadar sepedanya telah hilang.

Alumni Universitas Panca Marga tahun 2021 ini mengatakan, saat kejadian kondisi pengunjung sedang ramai. “Akhirnya, karyawan sibuk melayani,” katanya.

Tapi Ketika Anisa hendak pulang sekitar 17.30 WIB, lanjut Febi, Anisa dibikin kaget karena sepeda pancal miliknya seharga 600 ribu rupiah yang tidak digembok itu tidak berada di parkiran. Anisa kemudian melapor kepada Febi.

Seketika, Febi langsung mengcek rekaman kamera. “Saat dilihat di CCTV ternyata ada orang yang mengambil," ucapnya.

Setelah mengecek CCTV, pihaknya sempat mencari pelaku. Namun, upaya itu tidak membuahkan hasil.

Nah, agar warga mengetahui kasus tersebut dan melaporkan jika melihat ciri-ciri pelaku, Febi pun memposting remakan CCTV itu di media sosial facebook.

Dari situlah, Febi akhirnya mengetahui adanya postingan kasus pencurian sepeda pancal di TKP lain dengan ciri-ciri pelaku yang sama. Postingan pelaku pencurian sepeda pancal itu terjadi di Ruko Jalan Pahlawan Kota Probolinggo, pada tanggal 8 Januari 2022. "Sepertinya, pelaku sudah berpengalaman," katanya.

Ditanyakan apakah sudah melaporkan kasus pencurian yang menimpa karyawannya ke Polsek Mayangan, Febi menjawab bahwa ia bakal melaporkan pada hari Minggu ini. (ang/don)