Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-06 10:18:02

Kawanan Hiu Tutul di Perairan Probolinggo, Polisi: Jangan Disakiti!

DILINDUNGI: Keberadaan hiu tutul di perairan Probolinggo terjadi setiap tahunnya, terutama saat musim hujan tiba. BKSDA setempat mengimbau warga dan nelayan untuk tidak mengganggu mamalia dilindungi tersebut, sebab hiu tutul hanya mencari plankton untuk bertahan hidup. (foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Perairan Probolinggo kerap disinggahi kawanan hiu tutul. Keberadaan hiu tutul tersebut untuk mencari makan berupa plankton, yang banyak ditemui di perairan Probolinggo saat musim hujan.

Tak ayal, kemunculan mamalia dengan nama latin Rhincodon Typus itu diabadikan oleh nelayan setempat menggunakan kamera hp.

Kepala Seksi Vl Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA), Mamat Ruhimat membenarkan kemunculan hiu tutul di perairan utara laut Kota Probolinggo. Menurutnya, munculnya hiu tutul karena banyaknya plankton di musim hujan.

Mamat menjelaskan, adanya plankton tersebut membuat kawanan hiu tutul berdatangan di perairan Probolinggo.  "Munculnya sepanjang musim penghujan," ucapnya.

Ia memastikan jika hiu tutul ini tergolong hewan jinak. Namun, pihaknya mengimbau supaya masyarakat dan nelayan untuk tetap berhati-hati dan tidak mendekati mamalia tersebut.

Sementara itu, Kasatpolair Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno menambahkan bahwa kawanan hiu tutul jangan sampai disakiti. Sebab, hiu tersebut tergolong mamalia yang dilindungi. "Bagi nelayan, jika terkena jaring kalau bisa dilepaskan," ujarnya. (ang/don)