Andika Apriyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2021-08-26 20:27:23

Kembali ke Level 4, Satgas Banyuwangi Optimis Turunkan Kasus Covid-19

COVID-19: Juru Bicara Satgas Covid-19 dr. Widji Lestariono, optimis kasus covid-19 di Banyuwangi akan kembali turun sehingga tidak masuk dalam PPKM level 4.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Kabupaten Banyuwangi saat ini kembali masuk level 4 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dari sebelumnya level 3. Ada 4 hal yang mempengaruhi naiknya level PPKM di Banyuwangi. Level 4 itu ditetapkan pada  Senin (23/8) lalu.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, ada 4 faktor yang melatarbelakangi naiknya level PPKM di Kabupaten ujung timur pulau Jawa tersebut. Di antaranya, angka konfirmasi pasien positif covid-19, jumlah Bet Ocupansi Ratio (BOR), angka kematian, dan terakhir adalah angka tracing.

Baca Juga : Tekan AKI-AKB, 76 Persen Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tongas Sudah Divaksin

Pria yang karib disapa Rio ini menjelaskan, berdasarkan penilaian Pemerintah Pusat dalam sepekan terakhir, angka kasus covid-19 di Banyuwangi masih dinamis dan relatif tinggi. "Penilaian itu diambil saat akhir perpanjangan PPKM," kata Rio, Kamis (26/8/2021).

Baca Juga : Tekan AKI-AKB, 76 Persen Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Tongas Sudah Divaksin

Nah, setelah naik ke level 4, Rio menyebut angka kasus covid-19 justru mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan, dalam sehari hanya kisaran 3 kasus dari sebelumnya 19 kasus perhari.

Dari grafik itu, pria yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi ini, optimis bahwa nantinya Banyuwangi akan terbebas dari PPKM level 4 dan berpindah pada PPKM level 3 atau bahkan berada di level 2. "Inilah yang menjadi penyemangat kita,” katanya.

Menurutnya, jika semua pihak bisa meningkatkan upaya-upaya pemulihan kasus covid-19, maka bukan tidak mungkin sampai tanggal 30 Agustus akan terjadi penurunan level. (dik/don)