Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-30 17:36:58

Kepulan Asap Kebakaran Hutan Selimuti Sisi Barat Banyuwangi

BERASAP: Kepulan asap kebakaran hutan di pegunungan sisi barat Banyuwangi. Kebakaran ini terjadi sejak Minggu (28/8/2022).

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Kebakaran hutan melanda pegunungan di sisi barat Banyuwangi. Sampai Selasa (30/8/2022), kepulan asapnya masih terlihat membubung tinggi di beberapa titik hutan.

Kawasan hutan yang terbakar tersebut berada di Desa Sidowangi, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Kebakaran hutan ini terjadi sejak Minggu (28/8/2022) sekitar pukul 18.00 WIB.

Baca Juga : Memasak, Ditinggal Mengantar Anak, Dapur Ludes Terbakar

Kepala Desa Sidowangi Muansin mengatakan, area kebakaran berada di pegunungan sebelah barat desanya. "Ya ada kebakaran di pegunungan barat, tapi jauh dari pemukiman warga," ujarnya.

Baca Juga : Api Melalap Warung di Tegalsiwalan, Kerugian Rp 50 Juta

Menurut Kades Muansin, kejadian ini sering terjadi setiap tahunya di lereng gunung lantaran musim kemarau. "Entah, karena gesekan kayu kering," katanya menduga-duga. 

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi Ilzam Nazuli mengatakan,  hingga saat ini api yang muncul belum begitu besar. "Hingga saat ini untuk api masih kecil. Ini merupakan fenomena tahunan yang sering terjadi ketika kemarau," ungkapnya.

Pihaknya masih terus memantau kondisi kebakaran di kawasan tersebut. BPBD juga menyiapkan beberapa skema antisipasi guna menghindari kebakaran yang makin membesar. "Kami hingga saat ini masih lakukan koordinasi langsung dengan BMKG, Kodim, Forpimka dan Asper Banyuwangi Utara,” terangnya. (rl/why)