Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-25 23:38:04

Kerap Macet, Dishub Bakal Tata Parkiran di Taman Maramis

LALU LINTAS: Keberadaan kendaraan pengunjung di Taman Maramis yang belum tertata, kerap bikin kemacetan lalu lintas di kawasan tersebut.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sejumlah taman di Kota Probolinggo minim fasilitas tempat parkir. Salah satunya Taman Maramis di Kelurahan/Kecamatan Kanigaran. Tak ayal, kendaraan pengunjung di taman tersebut mengganggu arus lalu lintas karena diparkir di tepian jalan.

Seperti yang diungkapkan oleh Rohima, 50, warga Kelurahan/Kecamatan Kanigaran, yang menjual es di sisi barat taman. Rohima mengatakan, tempat parkir di Taman Maramis memang tidak ada. Biasanya, pengunjung memarkir kendaraan motor atau mobilnya di sisi timur.

Menurutnya, terhambatnya lalu lintas di sekitar Taman Maramis bukan karena adanya pedagang. “Tetapi warga yang datang tiba-tiba menaruh motor," katanya.

Sementara untuk di sisi barat, Rohima menyebut bahwa area tersebut memang untuk pedagang.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Probolinggo Agus Effendi, mengatakan bahwa pihaknya masih merencanakan relokasi bagi beberapa pedagang di Taman Maramis. Tujuannya, agar warga dapat memarkir kendaraannya dan tidak menggangu pengendara lainnya. “Ini masih proses," katanya.

Agus menambahkan, bahwa kewenangan dishub hanya di bagian bibir jalan. Sementara jika sudah masuk area taman, maka menjadi kewenangan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). "Saya akan berkoordinasi dengan DLH," ujarnya. (ang/don)