Muhammad Musleh


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-09 20:04:03

Kerek Perekonomian Desa, Program Pertashop Mulai dimatangkan

RAPAT : Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Tito Karnavian menyampaikan rencana Pertashop.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Lumajang, Teguh Widjayono mengikuti kegiatan rapat lanjutan terkait koordinasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam rangka percepatan pelaksanaan program Pertashop yang berkerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dan PT. Pertamina Persero tahun 2020 melalui virtual, berlangsung di Aula Kantor BPKD Kabupaten Lumajang, Rabu (9/9/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Tito Karnavian menjelaskan, program Pertashop sangat bermanfaat bagi masyarakat desa untuk menumbuhkan perekonomian dan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19, sehingga dengan adanya Pertashop diharapkan pemerintah bisa membangun desa-desa yang ada di daerahnya masing-masing.

Baca Juga : Ribuan Mahasiswa dan Buruh Kepung DPRD Lumajang

"Program Pertashop sebagai salah satu wujud pembinaan umum Kemendagri terhadap Pemerintah Daerah dan Desa dalam upaya menumbuh kembangkan pola inovatif percepatan peningkatan kapasitas, serta tata kelola pemerintahan dan pembangunan desa yang nantinya dapat menumbuhkan simpul-simpul jaringan pemberdayaan untuk memperkuat ekonomi lokal," ujarnya.

Baca Juga : Lumajang Punya Alat Pendeteksi Dini Gempa dan Tsunami

Selanjutnya, Tito Karnavian berpesan agar Pemerintah Daerah bersama Pemerintah Desa seger melakukan pemetaan lokasi dan memberikan ijin yang mudah dengan mengacu pada Nota Kesepahaman Kerjasama antara Kemendagri dan Pertamina.

"Saya mentekankan Pemerintah Daerah juga agar turut mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pembangunan dan pengoperasian Pertashop yang dapat membantu menumbuh kembangkan potensi desa, serta tidak memanfaatkan program Pertashop untuk kepentingan politik," pesannya.

Sementara itu, Nicke widyawati Direktur Utama PT Pertamina menyampaikan, adanya Pertashop diharapkan dapat dinikmati dan membantu masyarakat sehingga lebih mudah mendapatkan energi, sehingga nantinya tidak akan jauh saat membeli BBM dan bisa terjangkau oleh masyarakat, sehingga nantinya akan bisa memulihkan perekonomian di masing-masing daerah.

"Kita bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat yang ada di desa, bisa juga untuk menumbuhkan dan memulihkan perekonomian yang ada di desa," imbuhnya.

Dikutip dari laman resmi Pertamina, Pertashop merupakan lembaga penyalur Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM, elpiji, dan pelumas yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.  Ini menjadi peluang usaha bagi mitra Pertamina di perdesaan. Meski demikian, perseroan menargetkan akan memprioritaskan lembaga desa sebagai pengelola Pertashop. (mm/sp)