Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-24 22:47:23

Kesadaran Masyarakat Banyuwangi Terhadap Prokes Menurun

PROKES: Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi melakukan operasi prokes di salah satu pusat perbelanjaan di wilayah Kecamatan Rogojampi, Rabu (23/2/2022).

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar operasi protokol kesehatan (prokes). Operasi itu dilakukan karena kesadaran masyarakat Banyuwangi akan pentingnya prokes, mulai menurun.

Seperti kegiatan operasi masker yang dilakukan di salah satu pusat perbelanjaan di wilayah Kecamatan Rogojampi, Rabu (23/2/2022). Di lokasi tersebut, Satgas Covid-19 yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, BPBD dan Dinas Kesehatan mendatangi warga yang tidak memakai masker. Saat melihat ada warga yang tak memakai masker, petugas langsung mengingatkan dan memberi masker gratis.

Baca Juga : Inisiasi Program Sistersay, Pemkab Banyuwangi Berdayakan Ekonomi Hingga Cegah Stunting

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Banyuwangi, Adian Darmauli Sinaga mengatakan pihaknya menggelar operasi prokes karena kasus Covid-19 di Banyuwangi terus meningkat.

Baca Juga : Momen Ramadan, Bupati Banyuwangi Silaturahim ke Ormas Islam

Menurutnya, naiknya kasus tersebut karena tingkat kesadaran masyarakat mematuhi prokes mulai menurun. “Oleh karena itu kami kembali mengingatkan mereka dengan cara melakukan razia ini," ujarnya.

Adian menambahkan, operasi prokes ini menyasar lingkungan pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Untuk saat ini, Satgas belum memberikan sanksi bagi pelanggar prokes. “Kami akan mengevaluasi kegiatan ini, apabila diperlukan untuk menindak pelanggar prokes, akan kami terapkan," tuturnya. (rl/don)