Andika Apriyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-30 12:15:19

Kesaksian Korban Selamat, KMP Yunicee Tenggelam Dalam Hitungan Detik

SELAMAT: Taufik, adalah salah satu korban selamat dalam peristiwa tenggelamnya KMP Yunicee. Ia mengatakan, kapal tersebut tenggelam dalam hitungan detik.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Tenggelamnya KMP Yunicee di perairan selatan Bali pada Selasa (29/6) malam lalu, menjadi kenangan pahit bagi penumpang dan kru kapal. Seorang penumpang selamat menceritakan kepada tadatodays.com, apa yang dialaminya selama berada di atas kapal nahas itu.

Taufik, adalah salah satu penumpang yang selamat dari peristiwa tersebut. Pria umur 35 tahun tersebut mngungkapkan, dirinya bersama temannya awalnya berangkat dari Situbondo menuju Denpasar dengan membawa truk muatan.

Baca Juga : Temukan 2 Korban Hilang, Data Manifes KMP Yunice Diperbarui Jadi 77 Orang

Ia mengatakan, saat di tengah perairan kapal tiba-tiba miring ke arah selatan. Seketika, beberapa penumpang berlarian dan bergegas memakai pelampung.

Baca Juga : Pencarian Sejauh 5 Mil, Basarnas Kerahkan Helikopter

Taufik menceritakan, saat itu kapal mulai mengalami kemiringan yang hampir terbalik. Dalam hitungan detik, kapal langsung tenggelam. "Sangat cepat sekali, mas," ujarnya.

Saat kapal akan tenggelam, dirinya dan penumpang lain berusaha naik ke atas kapal mengikuti bagian kapal yang masih belum tenggelam.

Saat kapal sudah tenggelam, ia terapung di permukaan air selama sekitar 10 menit sambil menunggu bantuan kapal yang lewat dari Gilimanuk menuju Ketapang. "Ada 3 kapal yang lewat menuju kapal yang tenggelam," kata Taufik.

Saat satu persatu kapal penyelamat datang, ia pun bergegas mendekati kapal tersebut. Langkah yang sama juga dilakukan oleh penumpang lain yang mengapung di perairan.

Usai diselamatkan oleh tim penyelamat, ia langsung dibawa menuju ASDP Ketapang Banyuwangi untuk mendaptkan perawatan.

Taufik mengaku sangat beryukur karena selamat dari kecelakaan laut. Hanya saja, truk yang dibawanya ikut tenggelam bersama KMP Yunicee.

Perlu diketahui, total orang di dalam KMP Yunicee sebanyak 53 orang. Dengan rincian, 12   orang ABK dan 41 penumpang.

Untuk korban meninggal dalam peristiwa tersebut bertambah satu orang menjadi tujuh orang. Sementara korban selamat bertambah tiga orang menjadi 36.

Sedangkan korban yang masih dicari sebanyak 11 orang. Hingga kini, tim gabungan masih terus melakukan pencarian. (dik/don)