Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-15 17:18:23

Ketua DPD Nasdem Probolinggo dan Seorang Mahasiswa Juga Diperiksa KPK

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI terus mengembangkan kasus dugaan gratifikasi, dan Tindak Pidan Pencucian Uang (TPPU) untuk tersangka Bupati Probolinggo nonaktif Puput Tantriana Sari (PTS) dan suaminya selaku anggota DPR RI, Hasan Aminuddin (HA). Sejumlah orang kembali diperiksa sebagai saksi. Dua di antaranya yakni Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Probolinggo Ahmad Rifai, dan seorang mahasiswa bernama Hayu Kinanthi Sekar Maharani.

Pemeriksaan terhadap keduanya dilakukan pada Jumat (14/10/2021), di Mapolres Pobolinggo Kota. Selain keduanya, KPK juga memeriksa 13 orang saksi lainnya.

Baca Juga : Zulmi dan Dini, Dua Anak Kandung Hasan Aminuddin Diperiksa KPK

13 saksi lainnya yakni, Alwi selaku wiraswasta; Suharto selalu PNS; I Ketut Kariana selaku Notaris; Hari Pur Sukistiono selaku Kabid Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga : Sempat "Menguasai" Proyek Fisik di Probolinggo, Kakak Kandung Hasan Diperiksa KPK

Kemudian, Wahid Noor Aziz selaku Kabid Perikanan Budidaya pada Diskan Kabupaten Probolinggo; Saiful Hidayat selaku Kabid Bina Usaha Perikanan pada Diskan Kabupaten Probolinggo; Mahbub Zunaidi selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo; Bambang Supriyatno selaku Kabid Sarana Prasarana Pertanian DKPP Kabupaten Probolinggo; Didik Tulus Prasetyo selaku Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPP.

Selanjutnya, Suryana Nuring P selaku Kabid Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan; Abdul Halim selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo; dan Nanaik Meilani selaku Swasta.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, 15 orang saksi tersebut diperiksa dalam kasus dugaan gratifikasi dan TPPU. “Dengan tersangka PTS dan HA,” kata Ali Fikri.

Sebelum memeriksa 15 orang saksi di atas, KPK sebelumnya telah memeriksa 16 saksi pada Kamis (16/10) kemarin. Sementara pada Sabtu (9/10), Senin (11/10), dan Selasa ( 12/10), total ada 28 orang yang diperiksa KPK. Seluruh agenda pemeriksaan saksi itu digelar di Mapolres Probolinggo Kota. (ang/don)