Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-24 14:51:48

KH. Abdul Hamid Pimpin PC NU Kabupaten Probolinggo

HADIR: Kehadiran jamaah dam konfercab NU Kabupaten Probolinggo dibatasi, mengingat pandemi corona belum berlalu. Karena itu hanya pemilik suara yang datang.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - KH. Abdul Hamid akhirnya terpilih sebagai Ketua Tanfidziah PCNU Kabupaten Probolinggo, untuk periode lima tahun kedepan.

Ketua Panitia Konfercab NU Kabupaten Probolinggo, H. Misbahul Munir menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan konfercab NU Kabupaten Probolinggo cukup melelahkan. Pasalnya, pelaksanaan kegiatan ini berbenturan dengan pandemi Covid-19. Sehingga pelaksanaan konfercab NU Kabupaten Probolinggo tahun ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Lada gelaran yang berlangsung sehari itu, hanya ketua tanfidziyah yang datang. Baik di tingkat majelis wakil cabang (MWC) maupun di tingkat ranting. "Biasanya yang hadir di tiap MWC dan Ranting itu empat orang atau bahkan lima. Saat ini hanya dua, yang kami undang hanya pemilik suara," terang Misbahul Munir.

Bahkan, agar tidak berlangsung lama, pembahasan seperti tata-tertib dan sidang komisi telah filakukan sebelumnya. "Artinya ada pra konfrensi, agar tidak terjadi kerumunan di antara para pengurus. Pada hari ini, kita fokusnya pada pemilihan rois dan ketua tanfidziah. Kegiatan hanya satu hari," jelas pria yang menjabat sebagai ketua GP Ansor Kabupaten Probolinggo itu.

Dalam konfercab NU Kabupaten Probolinggo itu, selain KH Abdul Hamid yang terpilih sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU, terpilih juga KH. Muharrar Aziz sebagai Rois Suriah.

Sementara dalam konfercab, total suara yang terkumpul berjumlah 140 suara. Dalam sidang komisi pencalonan, ada ambang batas sebesar 45 suara untuk menuju tahapan pemilihan. Dari lima kandidat yang masuk tahap pencalonan, hanya satu calon yang mencapai ambang batas 45 suara. Yaitu KH. Abdul Hamid dengan 49 suara. Sedangkan calon kedua hanya mendapat 38 suara. "Untuk tahap pemilihan calonnya hanya satu, namun tetap harus dengan persetujuan Rois Suriah terpilih. Alhamdulillah Rois Suriah terpilih menyetujui, maka dari itu ditetapkanlah terpilih secara aklamasi," jelasnya. (hla/hvn)