Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-24 22:12:28

Kocok Ulang AKD, Ketua Komisi II Diganti

AKD: Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib menandatangani nota pengesahan formasi AKD, dalam rapat paripurna yang digelar pada Rabu (23/2/2022), di ruang sidang utama DPRD.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - DPRD Kota Probolinggo telah menetapkan perubahan formasi alat kelengkapan dewan (AKD), melalui rapat paripurna yang digelar pada Rabu (23/2/2022) sekira pukul 19.30 WIB. Dari sederet ketua AKD, hanya ada perubahan pada posisi Ketua Komisi II dan Ketua Bapemperda (Susunan lengkap lihat grafis).

Perubahan susunan AKD itu didasarkan pada Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014, yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Baca Juga : Fraksi PKB-Golkar Ancam Gugat Hasil Perubahan AKD ke PTUN

Dari kocok ulang struktur AKD tersebut, posisi Ketua Komisi II tidak lagi dijabat oleh Sibro Malisi dari Fraksi NasDem. Komisi II kini dijabat oleh Mukhlas Kurniawan dari Fraksi Golkar.

Baca Juga : Tuding Paripurna AKD Cacat Proses, Fraksi PKB-Golkar DPRD Probolinggo Walk Out

Sementara untuk Ketua Komisi I masih tetap dijabat Mochamad Jalal dari Fraksi PKB, dan Ketua Komisi III tetap dijabat Agus Riyanto dari Fraksi PDI Perjuangan

Dikonfirmasi setelah dirinya tidak lagi menjadi Ketua Komisi II, Sibro Malisi mengatakan bahwa pihaknya merasa biasa-biasa saja dengan pergantian jabatan tersebut. "Ini lembaga politik, muatannya (tentu) politik. Jadi hal yang wajar," kata Sibro, Kamis (24/2/2022) sekitar pukul 13.00 WIB.

Pada hakekatnya, kata Sibro, seorang anggota dewan itu yang paling penting adalah bagaimana pengabdiannya terhadap rakyat. Jadi, yang terpenting bagi NasDem adalah memperjuangkan kepentingan rakyat. “Itu paling penting. Kalau sekarang ada reposisi soal AKD, tidak ada masalah,” ujarnya.

Menurutnya, perubahan formasi AKD itu kemungkinan hasil kesepakatan yang dibangun beberapa fraksi. “Ya, saya hormati. Saya orangnya selalu menghormati atas sikap dan tindakan," tuturnya. (ang/don)