Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-07 07:12:56

Kolaborasi BRI, Pegadaian, dan PNM Lahirkan Program Senyum di Probolinggo

LAYANAN OPTIMAL: Kepala Kantor Cabang BRI Probolinggo Farida Budi saat beraktivitas di kantornya. Ia menyebut program Senyum memberikan kemudahan bagi nasabah yang membutuhkan pelayanan satu atap.

PROBOLINGGO,TADATODAYS.COM - Pembentukan Holding Ultra Mikro membawa banyak keuntungan bagi nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Permodalan Nasional Madani (Persero), dan PT Pegadaian (Persero). Sinergisitas tiga perusahaan tersebut melahirkan program-program baru yang kian memanjakan para pengguna layanannya.

Salah satunya adalah pembentukan kantor satu atap yang diberi nama “Senyum”. Program yang akronimnya berasal dari Sentra Layanan Ultra Mikro itu kini telah berada di 139 unit kerja BRI di seluruh Indonesia. Dengan adanya co-location Senyum, nasabah bisa mendapatkan layanan dari BRI, Pegadaian, dan PNM sekaligus dalam satu lokasi.

Baca Juga : BRI Ajak Nasabah dan Non-Nasabah Mitra Gunakan Transaksi secara Digital

Di Probolinggo misalnya, nasabah Pegadaian dan PNM sangat dimudahkan dengan co-location Senyum yang rencananya akan di implementasikan di kantor Unit BRI Sumberasih. Pertimbangannya, lokasi kantor cabang BRI sekitar 10 kilometer dari kantor unit BRI setempat.

Baca Juga : BRI Ajak Nasabah dan Non-Nasabah Mitra Menggunakan Transaksi secara Digital

Perbedaan utama layanan co-location Senyum dibandingkan dengan kantor BRI Unit biasa, nasabah Pegadaian dan PNM bisa bertransaksi sekaligus menabung di kantor yang sama. Begitu juga sebaliknya, bagi nasabah BRI yang ingin melakukan gadai atau membuka tabungan emas bisa di co-location Senyum.

Sementara itu, ada 5 unit kantor cabang BRI yang diusulkan ke kantor BRI pusat. Di antaranya Unit BRI Sumberasih, Unit BRI Gending, Unit BRI Krejengan, Unit BRI Pajarakan, dan Unit BRI Dringu. Namun, baru unit BRI Sumberasih yang terealisasi. Jika tidak ada perubahan, launching layanan Senyum ini akan dilakukan awal semester kedua tahun 2022.

“Yang jelas dari hadirnya gabungan 3 perusahaan  ini, yang tadinya calon nasabah ingin hadir ke PNM atau Pegadaian itu jauh, otomatis bisa lebih dekat. Sehingga, waktu yang dibutuhkan nasabah bisa lebih efektif dan efisiensi untuk mendapatkan pelayanan BRI, PNM, dan Pegadaian sekaligus,” kata Kepala Kantor Cabang BRI Probolinggo Farida Budi.

Dengan adanya layanan senyum ini, Senyum kalau disederhanakan seperti one stop services. “Nasabah memang dimudahkan sejak ketiganya berkolaborasi. Misalnya, saat proses gadai uang yang dihasilkan bisa langsung ditransfer ke rekening BRI milik nasabah,” jelasnya.

Farida Budi menuturkan, ada dua manfaat keberadaan holding dan unit kerja Senyum. Pertama, penawaran produk menjadi lebih komprehensif, baik produk BRI, Pegadaian, dan PNM. Kedua, memperluas titik akses layanan. Beberapa titik blankspot layanan pegadaian dan PNM terbantu dengan kehadiran unit kerja Senyum. (mel/sp)