Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-18 16:22:51

Komunitas Bikers Fasilitasi Servis Gratis bagi Warga Terdampak Banjir Dringu

PEDULI: Motor warga terdampak banjir Dringu sedang diservis oleh montir yang juga warga setempat.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Gabungan Komunitas Motor (KM) di Probolinggo punya kegiatan menarik untuk membantu meringankan beban warga terdampak banjir di Dringu, Kabupaten Probolinggo. Mereka memberi layanan servis gratis untuk motor warga.

Biaya servis gratis itu dikumpulkan oleh anggota komunitas. Hasil donasi itulah yang digunakan untuk menyervis motor warga. Kuota yang disiapkan yakni untuk 60 motor dalam kurun waktu 2 bulan.

Baca Juga : Pemprov Jatim Fokus Bangun Bronjong di Jembatan Kedungdalem

Uniknya, servis gratis itu juga melibatkan montir warga setempat. Dengan begitu, tak hanya bertujuan meringankan beban warga, tapi juga memberikan pendapatan pada warga setempat.

Baca Juga : Menumpuk, Pakaian Layak Pakai di Posko Banjir Dringu Banyak Tak Didistribusikan

Salah satu perwakilan KM, Abdullah mengatakan, sementara hasil donasi yang diperoleh sekitar Rp 4 juta. Namun, anggaran itu mulanya digunakan untuk belanja sembako.

Merasa belum puas berbagi, anggota KM lantas melakukan penggalangan dana kembali. Terkumpullah donasi Rp 1 juta. “Lalu kami khususkan pada motor yang tergenang air milik warga. Sesuai kemampuan kita selama 3-4 hari,” katanya, Selasa (16/3/2021).

Warga Keluruhan/Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo itu mengatakan, inisiatif itu bermula ketika melihat sejumlah motor warga yang terendam banjir. Setiap motor biaya servisnya dijatah Rp 30 ribu.

Sementara itu, Ahmadi sebagai montir, mengaku terbantu setelah KM mengajak kerjasama pihaknya. Sehari saja, sudah ada 35 orang yang datang untuk memperbaiki motor. “Tapi baru 15 motor yang selesai kami perbaiki. Ini ada yang ditaruh di sini motornya,” jelasnya.

Septian, salah seorang warga mengatakan, ia bersyukur ada program servis motor dari komunitas motor. Diketahui, ada 4 KM yang bergabung menggalang donasi dalam kegiatan tersebut. Yakni, R15, CB Sugali, KCI, dan Macan Benger. (ang/sp)