Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-07-23 22:18:22

Kontak Erat dengan Pasien, Tiga Orang di Kabupaten Probolinggo Dinyatakan Positif Covid-19

DOMINAN MERAH: Peta sebaran asal pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Sampai Kamis (23/7/2020) tercatat 43 orang dirawat, tambahan 8 orang dinyatakan sembuh dan 3 orang meninggal dunia.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tiga orang kembali terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Hal ini menambah daftar panjang pasien terkonfirmasi covid-19 dari sebelumnya sebanyak 184 orang menjadi 187 orang per Kamis (23/7/2020).

Ketiganya yakni perempuan usia 54 tahun, asal Desa Sambirampak Kidul, Kecamatan Kotaannyar. Lalu lelaki usia 46 tahun, asal Desa Maron Kulon, Kecamaatan Maron. Keduanya merupakan suspect PDP dalam pengawasan yang dirawat di rumah sakit, dengan keluhan sesak napas dan memiliki pneumonia. Ketika di-swab hasilnya positif.

Baca Juga : KPU Anggarkan Rp 4 Miliar untuk Rapid Test 33 Ribu Anggota KPPS dan Linmas

Kemudian lelaki usia 39 tahun, asal Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif sebelumnya.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Haul KH. Abdul Hamid Pasuruan Digelar Terbatas

"Ketiganya dinyatakan positif berdasarkan hasil swab positif yang dilakukan melalui PCR (Polymerase Chain Reaction) di RSUD Waluyo Jati Kraksaan," ungkap dr. Anang Budi Yoelijanto, juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

Kondisi ketiganya dalam keadaan sehat, bahkan dua orang yang yang sebelumnya berstatus suspect PDP kini tidak lagi mengalami keluhan sakit. Sehingga mereka semua hanya diisolasi dalam rumah pengawasan milik Pemkab Probolinggo.

Tidak hanya tambahan pasien positif, Tim satgas Kabupaten Probolinggo juga melaporkan 8 orang dinyatakan sembuh dari covid-19. Diantaranya lelaki 34 tahun, asal kecamatan Banyuanyar; perempuan 44 tahun, asal Kraksaan; lelaki 34 tahun, asal Wonomerto dan lelaki 67 tahun, asal Maron.

Selanjutnya perempuan 55 tahun, dan 13 tahun, asal Lumbang; lalu lelaki 34 tahun, asal Pajarakan; terakhir lelaki 37 tahun, asal Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih. Mereka dinyatakan sembuh setelah hasil swab PCR-nya sebanyak dua kali, dinyatakan negatif.

"Alhamdulilah kondisi mereka sudah sehat dan sembuh. Mereka tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku," tutur dr. Anang.

Dari tambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19 di kabupaten setempat 43 orang dirawat dan menjalani isolasi. 138 orang dinyatakan sembuh dan 6 orang lainnya meninggal dunia. (zr/hvn)