Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-12 11:49:28

Korban Tenggelam Ditemukan Meninggal di Jarak 200 Meter dari TKM

MENINGGAL: Petugas Basarnas Pos SAR Jember mengevakuasi jenazah korban tenggelam. Korban ditemukan di jarak sekitar 200 meter dari tempat kejadian musibah (TKM).

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Usai sudah proses pencarian korban tenggelam di Sungai Pekalen, Desa Selogudig Wetan, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Ini setelah korban ditemukan meninggal di aliran sungai tersebut masuk Desa Temenggungan, Kecamatan Krejengan, atau sekitar 250 meter dari tempat kejadian musibah (TKM), Sabtu (12/3/2022).

Kapolsek Pajarakan, Iptu Eko Purwadi membenarkan ditemukannya jenazah korban tenggelam atas nama Rusdi 36, warga Desa Pedagangan, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Eko mengatakan, korban ditemukan sekitar 200 meter dari tempat kejadian musibah (TKM).

Baca Juga : Proses Pencarian Korban Tenggelam di Puger Dihentikan

Eko menuturkan, korban ditemukan pertama kali oleh warga sekitar di perairan dangkal. Warga kemudian meminta pertolongan kepada petugas SAR. "Ditemukan sekitar pukul 05.00 WIB," tuturnya.

Baca Juga : Korban Tenggelam di Sungai Pekalen Belum Ditemukan, Pencarian Dilanjutkan Sabtu

Saat ditemukan, lanjut Eko, tubuh korban masih utuh. Hanya saja pada bagian pelipis dan telinga samping kanan korban terdapat bercak darah, yang diduga terbentur bebatuan di sungai tersebut.

Sementara ketika hendak dilakukan pemeriksaan medis dan autopsi, pihak keluarga korban menolak. Penolakan itu juga dituangkan dalam surat pernyataan, dan menganggap kejadian itu hanya musibah. Alhasil, korban langsung dibawa ke rumah duka di Desa Pedagangan, Kecamatan Tiris. "Langsung dimakamkan di sana (Desa Pedagangan, Red)," ucapnya.

Penemuan korban juga dibenarkan oleh Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Probolinggo, Abdullah. Ia mengatakan jenazah korban dievakuasi pada pukul 06.00 WIB. Jasad almarhum Rusdi selanjutnya langsung dibawa ke rumah duka menggunakan mobil Opsar Basarnas Jember. "Keluarga tidak berkenan dilakukan pemeriksaan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, identitas korban tenggelam yakni Mohamad Rusdi, 36, warga Desa Pedagangan, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Korban tenggelam dan hilang saat hendak buang air besar (BAB) di aliran Sungai Pekalen di perbatasan Desa Selogudig Wetan, Kecamatan Pajarakan, dan Desa Patemon, Kecamatan Krejengan, Jumat (11/3/2022) sekira pukul 07.00 WIB.

Rusdi pergi ke sungai itu bersama anak perempuannya, Dewi, 10. Sebelumnya, mereka menjenguk keluarganya yang dirawat di RSUD Waluyo Jati Kraksaan.

Saat hendak BAB, Rusdi terpeleset dan terseret arus sungai hingga tenggelam. Pria yang bekerja sebagai petani itu disebutkan tidak bisa berenang. Tubuh Rusdi pun hilang.

BPBD Kabupaten Probolinggo bersama relawan SAR kemudian melakukan pencarian. Bahkan, pencarian juga melibatkan Basarnas Pos SAR Jember. Hingga Jumat malam sekira pukul 19.00 WIB, pencarian dihentikan dan dilanjutkan pada Sabtu (12/3/2022).

Namun sebelum pencarian dilakukan, petugas SAR mendapat laporan dari warga bahwa korban tenggelam ditemukan di aliran Sungai Pekalen di Desa Temenggungan, Kecamatan Krejengan. (zr/don)