Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-08-06 22:50:07

Korsleting Listrik, Ruko di Kota Probolinggo Nyaris Terbakar

BERHASIL: Petugas pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api yang muncul dari kabel listrik di ruko Jalan Panglima Sudirman Kota Probolinggo, sehingga si jaago merah tak sampai membesar.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sebuah ruko yang pernah dijadikan toko emas di kawasan Jl. Panglima Sudirman, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, terbakar di bagian plafon lantai dua. Ruko milik Budiarso, 67, warga Kelurahan/Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, itu terbakar diduga akibat korsleting arus listrik, Jumat (6/8/2021) sekira pukul 20.50 WIB.

Informasi yang dihimpun tadatodays.com, kebakaran itu semula diketahui oleh warga bernama Didin yang membeli Soto Kampung kepada Toha Yunior, 58, warga Kelurahan Jati. Saat itu, Didin melihat kobaran api di bagian plafon ruko. Seketika, ia langsung menghubungi call center 112.

Baca Juga : Gudang Triplek di Dringu Terbakar

Tak lama kemudian, satu regu petugas dan mobil pemadam kebakaran datang dan bergegas memadam api. Namun petugas tak langsung menaiki lantai dua, karena aliran listrik di area tersebut masih nyala. Petugas damkar pun berkoordinasi dengan PLN setempat.

Baca Juga : Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran di TPA Anggrek, Kerugian Rp 4,5 Miliar

Setelah listrik dipadamkan, barulah petugas damkar langsung naik ke lantai dua untuk menyemprotkan air di titik api. Si jago merah akhirnya berhasil dipadamkan sekira pukul 22.00 WIB.

Anak Budirarso, yakni Wawan Cerdikwan, 41, warga Jl. Dr. Sutomo 105 Kelurahan/Kecamatan Mayangan mengatakan, pihaknya mengetahui adanya kobaran api setelah mendapat kabar dari warga setempat.

Wawan memastikan, api tak menjalar ke bangunan ruko lainnya. Sementara tiga ruko yang lokasinya di area kebakaran sudah tak ditempati. Begitu juga dengan instalasi listrik di bangunan tersebut sudah dipadamkan. "Perkiraan api muncul karena korsleting listrik milik PLN," kata Wawan saat ditemui ditempat kejadian.

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Probolinggo Aman Suryaman menuturkan, api diduga muncul dari kabel listrik yang berdempetan dengan kayu plafon.

Karena itu Aman menyarankan kepada pemilik ruko untuk merapikan kabel yang ada di dalam maupun di luar ruko. "Jadi instalasi yang berada di atap. Bukan dari ranting pohon," ujar Aman. (ang/don)