Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-05 17:34:19

Kotor, Kolam Taman Maramis di Probolinggo Kurang Sedap Dipandang

KOTOR: Salah satu kolam di RTH Taman Maramis, Kanigaran, Kota Probolinggo yang dipenuhi sampah dedaunan dengan air keruh kehijauan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kolam di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Maramis, di Jalan AA Maramis, Kota Probolinggo, tidak terawat. Dua kolamnya yang berlokasi di sisi barat dan timur jalan, keruh dan nyaris tidak ada airnya. Satu kolam lainnya di sisi barat terisi sampah dedaunan dan mengering.

Seorang pengunjung Taman Maramis, Eko Susanto, warga Desa Kareng Kidul, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo mengatakan kolam di Taman Maramis saat ini kotor. Dipenuhi sampah dedaunan yang jatuh dari pepohonan sekitar taman. "Saya ke taman kalau anak saya mengajak, biasanya satu minggu dua kali. Terutama pada malam hari, ada kudanya. Sekitar dua bulan kemarin kolamnya bersih, sekarang kotor. Saya berharap ke depan lebih bersih agar enak dilihat," terang Eko Susanto.

Baca Juga : Sudiman, Kadis Pertahankan Kota Probolinggo Dikenal sebagai Pribadi yang Hangat

Sementara itu, Kabid Konservasi dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo, Neli, mengatakan, kolam tersebut bakal dibersihkan. Selama ini, menurut Neli, kondisi kolam sisi timur jalan memang bocor. "Diisi-diisi, habis terus. Karena memang itu bocor, dan juga sering dibuat mandi sama pengunjung. Sehingga oleh teman-teman ini, kolamnya tidak pernah diisi," terang Neli.

Baca Juga : Kepala Dispertankan Kota Probolinggo Meninggal Dunia usai Terpapar Covid-19

Menurutnya di sekitar kolam tersebut direncanakan bakal dipasang pagar pembatas. Namun anggaran di masa pandemi belum memungkinkan untuk pemasangan pagar seperti yang direncanakan. "Petugas di Taman Maramis itu hanya ada empat orang. Mulai dari menyapu, nyiram, motongi (rumput) itu. Sehingga mungkin teman-teman masih kewalahan," jelasnya. (hla/hvn)