Untung Apriliyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-23 20:48:20

KPU Banyuwangi Tetapkan Dua Paslon di Pilbup Desember Mendatang

TETAPKAN: Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraini membacakan pengumuman penetapan calon di Kantor KPU Banguwangi jalan KH Agus Salim.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Kabupaten Banyuwangi hanya memiliki dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang bakal bertarung pada awal Desember mendatang. Seperti ditetapkan KPU Banyuwangi pada Rabu (23/9/2020) sekira jam 11 siang. Pasangan pertama adalah cabup Ipuk Fiestiandani bersama cawabupnya, Sugirah. Pasangan kedua yaitu cabup Yusuf Widyatmoko dan cawabup KH Muhammad Riza Azizy.

Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraini membacakan pengumuman penetapan calon di Kantor KPU Banguwangi jalan KH Agus Salim. Dua pasangan calon itu dinyatakan lolos tahapan verifikasi.

Baca Juga : Kurang Peminat, Bawaslu Banyuwangi Perpanjang Pendaftaran Pengawas TPS

"Setelah melalui tahapan penerimaan dan verifikasi berkas syarat pencalonan dan syarat calon, KPU Kabupaten Banyuwangi menetapkan dua bakal pasangan calon menjadi pasangan calon. Keduanya telah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai paslon," ungkap Dwi Anggraini.

Baca Juga : KPU Jember Tetapkan DPT Pilkada 2020, Turun 67.049 dari Pilkada 2015

Ipuk Fiestiandani merupakan istri dari Bupati Banyuwangi saat ini, Azwar Anas. Sementara cawabupnya H. Sugirah merupakan politisi PDI-P yang juga tokoh hortikultura di Banyuwangi. Keduanya diusung oleh 5 partai politik pemilik 28 kursi di DPRD Banyuwangi, yakni PDIP, Nasdem, Gerindra, PPP, dan Hanura.

Sementara lawannya, H. Yusuf Widyatmoko merupakan Wakil Bupati Banyuwangi yang selama 10 tahun terakhir mendampingi Azwar Anas. Wakil Yusuf adalah KH Muhammad Riza Azizy, atau akrab disapa Gus Riza yang berasal dari keluarga Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung. Keduanya mendapatkan dukungan 4 parpol parlemen dengan total 22 kursi. Di antaranya PKB 9 kursi, Partai Demokrat 6 kursi, Partai Golkar 5 kursi, dan PKS 2 kursi.

Untuk tahapan selanjutnya, kedua pasangan calon akan mengikuti pengundian nomor urut yang akan digelar pada Kamis, (24/9/2020). "Setelah hari ini kita menetapkan paslon maka besok adalah pengundian nomor urut. Rencananya akan kita lakukan di hotel Ketapang," tutup Dwi. (un/hvn)