KPU Kota Probolinggo Buka Pendaftaran PPK dan PPS Pemilu 2024

Alvi Warda
Alvi Warda

Monday, 21 Nov 2022 05:41 WIB

KPU Kota Probolinggo Buka Pendaftaran PPK dan PPS Pemilu 2024

SOSIALISASI: Komisioner KPU Kota Probolinggo Radfan Faisal dalam kegiatan sosialisasi PKPU 8 tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - KPU Kota Probolinggo resmi membuka pendaftaran badan adhoc Pemilu 2024, yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Total kebutuhan KPU Kota Probolinggo untuk PPK 25 orang dan PPS 87 orang. Mereka akan menyelenggarakan tahapan Pemilu di 5 kecamatan dan 29 kelurahan di Kota Probolinggo.

Komisioner KPU Kota Probolinggo Radfan Faisal mengatakan, pembentukan badan adhoc Pemilu 2024 merujuk Peraturan KPU 8 tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024. Rujukan berikutnya ialah Keputusan nomor 476 tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan Tahu 2024.

Pendaftaran PPK dibuka selama 20 - 29 November 2022. Sementara pendaftaran PPS dibuka selama  18-27 Desember 2022. “Itu baru tahapan pendaftaran. Sementara tahapan lainnya juga mengatur detail hingga nanti pelantikan,”  terang Radfan Faisal yang merupakan komisioner pengampu Divisi Sosdiklih, parmas, dan SDM.

Di antara tahapannya yakni pengumuman, penerimaan pendaftaran, penelitian administrasi, pengumuman hasil penelitian administrasi, seleksi tertulis, pengumuman hasil seleksi tertulis, tanggapan dan masukan masyarakat, wawancara, pengumuman hasil seleksi, penetapan, dan pelantikan.

“Pendaftaran PPK dan PPS ini sifatnya terbuka untuk umum. Siapapun yang memenuhi persyaratan dipersilakan mendaftar. Terkait persyaratan apa saja, termasuk dokumen kelengkapan yang dibutuhkan, bisa diunduh di laman resmi KPU Kota Probolinggo,” katanya.

Lebih lanjut, Radfan mengatakan bahwa proses pendaftaran PPK saat ini jauh lebih mudah karena tidak perlu hadir langsung ke kantor KPU. Melainkan melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) yakni di laman siakba.kpu.go.id. “Setelah datanya masuk, kemudian kami lakukan penelitian administrasi,” teragnya.

Radfan mengatakan, meskipun pendaftaran melalui SIAKBA, pihaknya tetap memberikan pelayanan bagi masyarakat yang ingin mendapat informasi. Yakni melalui help desk yang ada di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Prabu Linggih. “Ayo silakan mendaftar sebagai anggota PPK, sebagai salah satu upaya untuk terlibat sebagai penyelenggara Pemilu,” jelasnya. (alv/why)


Share to