Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2020-10-29 19:58:14

KPU Siapkan 3 Kali Debat, Gus Ipul-Adi dan Teno-Hasjim Tegaskan Siap

ADU GAGASAN: Paslon Gus Ipul-Adi dan Teno-Hasjim menyatakan kesiapannya mengikuti debat yang diselenggarakan KPU.

PASURUAN, TADATODAYS.COM - KPU Kota Pasuruan menyiapkan 3 kali debat publik dalam Pilkada Kota Pasuruan. Terdekat, debat publik dilaksanakan Jumat (30/10/2020). Kubu paslon Gus Ipul-Adi Wibowo maupun Raharto Teno Prasetyo-Hasjim Asjari menyatakan kesiapannya mengikuti debat.

Dalam debat edisi pertama, temanya yakni “Strategi Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat”. Saat ini, persiapan pelaksanaan debat sudah matang.

Baca Juga : Debat Kedua Pilkada Kota Pasuruan 2020, Gus Ipul-Mas Adi Menawarkan 3 Solusi, Teno-Hasjim Pertahankan Prestasi

Ketua KPU Kota Pasuruan Royce Diana Sari mengatakan, tahapan debat publik memang wajib dilakukan dan diikuti paslon. Hal itu merujuk pada PKPU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Baca Juga : Debat Kedua Pilkada Kota Pasuruan 2020, Gus Ipul-Mas Adi Tawarkan 3 Solusi, Teno-Hasjim Pertahankan Prestasi

“Kami dengan sudah matangkan kegiatan tersebut baik dengan internal maupun tim penghubung masing-masing paslon. Termasuk soal apa saja yang akan dibahas dengan panelis,” jelasnya.

Panelis yang terlibat di antaranya Asmawatie Rosyidah dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Rektor Universitas Merdeka Pasuruan Ronny Winarno, Dosen Universitas Brawijaya Malang Wawan Sobari, dan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Pasuruan dr. Mohamad Yhoni Dwikurniansyah.

“Tujuan debat paslon itu agar bisa mengukur kompetensi paslon, visi-misi, dan program kerja kepada pemilih dan masyarakat. Sejauh mana para paslon punya strategi mengatasi persoalan di masyarakat,” katanya.

Debat kedua rencananya akan digelar 18 November 2020 dengan tema “Strategi Memajukan Daerah dan Menyelesaikan Persoalan Daerah”. Kemudian debat ketiga tanggal 5 Desember 2020 dengan tema “Menyerasikan Pelaksanaan Pembangunan Daerah dengan Pembangunan Nasional dalam Kerangka Memperkokoh NKRI dan Kebangsaan serta Strategi Penanganan, Pencegahan, dan Pengendalian Covid-19”.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Gus Ipul-Adi Wibowo, Abdullah, memastikan jika calon yang diusung siap mengikuti debat. “Gus Ipul dan Mas Adi sangat siap. Materinya nanti sesuai dengan tema debat. Tidak bisa saya sampaikan di sini, besok saja dicermati,” kata pria yang juga anggota DPRD Kota Pasuruan tersebut.

Wakil Ketua DPW Partai Nasdem Jatim Aminurokhman mengatakan hal senada. Paslon Teno-Hasjim menurutnya juga sangat siap mengikuti debat. Materi debat nanti tak jauh beda dengan visi-misi yang selama ini dikampanyekan ke masyarakat.

“Tentu dari beberapa program yang kita jalankan, sudah terselesaikan secara tuntas dari paslon nomor 2 ini. Apalagi Pak Teno sudah berpengalaman dalam memimpin Kota Pasuruan,” kata politisi yang akrab disapa Amin ini. (ang/sp)