Andika Apriyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2021-08-31 20:06:07

Kreatif, Anggota DPRD Banyuwangi Bikin Sauna Berbahan Rempah

KEBUGARAN: Anom Basori saat berpose di depan sauna buatannya berbahan rempah. Alat yang berfungsi untuk membakar lemak itu akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

BANYUWANGI, TADATODAYS.CO M - Salah satu anggota DPRD Banyuwangi dari Fraksi PDI Perjuangan Anom Basori, memproduksi alat sauna portabel yang terbuat dari rempah-rempah. Tak hanya digunakan sendiri, alat tersebut kemudian didistribusikan kepada masyarakat Banyuwangi secara gratis.

Diketahui, sauna merupakan tempat untuk membakar lemak. Umumnya, sauna berbentuk seperti bilik seukuran lemari.

Baca Juga : PHRI Banyuwangi Dapat 'Angin Segar' di Tengah Anjloknya Pendapatan Selama PPKM

Anom menyampaikan, pembuatan alat sauna ini dilatarbelakangi setelah dirinya mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan. Salah satu pembahasan dalam Rakernas tersebut, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarno Puri mengamanatkan kepada kadernya untuk melakukan upaya agar kembali ke rempah nusantara.

Untuk mewujudkan amanat tersebut, dirinya bersama dengan Marthin H, salah satu anggota DPRD Provinsi Jawa Timur mencetuskan pembuatan sauna portabel yang berasal dari rempah nusantara. “Agar bisa bermanfaat untuk kesehatan masyarakat Banyuwangi,” katanya, Selasa (31/8/2021).

Saat ini dirinya masih memproduksi alat tersebut. Setelah itu ia akan mendistribusikannya ke masyarakat Banyuwangi. “Gratis,”ujarnya.

Anom menambahkan, mengenai bahan rempah-rempah yang digunakan untuk terapi sauna tersebut di antaranya jahe, jinten, keladi dan beberapa tanaman herbal lainnya.

Beberapa bahan tersebut diyakini bisa menyembuhkan penyakit. “Kanker dan saluran pernapasan,” tutur Anom. (dik/don)