Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-12 19:20:05

Kreatif, Perempuan di Banyuwangi Manfaatkan Sampah Jadi Kerajinan

DAUR ULANG: Eny Kusnanto, saat menunjukkan kerajinan yang dihasilkannya dengan bahan dasar sampah.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Eny Kusnanto, 54, warga Kelurahan/Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, memiliki ide kreatif. Ia memanfaatkan sampah di lingkungannya, yang diolahnya menjadi kerajinan.

Kerajinan itu dibuatnya, setelah ia resah dengan banyaknya sampah di lingkungannya. Karenanya, ia pun memiliki ide untuk menyulapnya menjadi kerajinan yang unik dan bernilai rupiah.

Baca Juga : Selama Pandemi, Jumlah Sampah Rumah Tangga Bertambah

Eny mengatakan, di suatu waktu, ia melihat sampah-sampah di sungai yang membuat aliran sungai tidak lancar. Kemudian, ia memungut sampah tersebut dan dipilah sebelum diubah menjadi kerajinan.

Baca Juga : Buruknya Pengelolaan Sampah Jadi Salah Satu Penyebab Banjir Dringu

Ada tiga jenis sampah yang dipungutnya. seperti sterofom, serabut kelapa, hingga baju yang sudah tidak terpakai. Rata-rata sampah itu didaur ulang agar kembali memiliki nilai guna. "Saya manfaatkan untuk buat vas, dan saya sekarang fokus di situ karena masih jarang yang menekuni," katanya.

Langkahnya mengolah limbah tersebut sudah dijalaninya selama 2 tahun. Selain bisa dijual dan menghasilkan pundi-pundi rupiah, ia juga bertekad untuk menjaga lingkungan. Bahkan, aktivitasnya itu bisa menumbuhkan kebahagiaan dalam hidupnya. "Sejak awal saya melakukan ini untuk mengusir sepi, dan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan,” ujarnya.

Wanita yang mengusung spirit go green ini berharap, agar daur ulang yang dilakukannya juga bisa diikuti oleh masyarakat lainnya. Sehingga, problem-problem mengenai sampah bisa sedikit tertangani. "Semoga jadi inspirasi buat orang lain. Tidak usah menunggu pemerintah untuk turun tangan," katanya. (peb/don)