Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-29 21:19:12

Kunjungi Kota Probolinggo, Muhadjir Dukung Kolaborasi Pemerintah Pusat dan Pemda untuk Kesejahteraan Masyarakat

KUNKER: Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (batik coklat), saat menghadiri Launching BP Jamsostek bagi nelayan didampingi Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendi mengunjungi empat lokasi di Kota Probolinggo, Jumat (29/10/2021). Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin yang mendampingi Muhajir Effendy, meminta aset pemerintah pusat yang ada di daerah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendapatan asli daerah (PAD).

Kunjungan pertama diawali dari Pelabuhan Mayangan Probolinggo, sekaligus melaunching BP Jamsostek.

Baca Juga : Menko PMK Muhadjir Tinjau Pasar Kronong sebagai Percontohan Pasar Syariah

Wali Kota Hadi mengatakan pihaknya berkeinginan menghidupkan aset yang terbengkalai untuk menghidupkan potensi PAD, dan meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). "Karena setiap daerah atau provinsi pasti ada aset yang dapat dikembangkan," katanya.

Baca Juga : Peringati Hari Santri 2021, Pemkot Probolinggo Menggelar Gowes hingga Vaksinasi

Tentu, lanjutnya, menjadi momentum bagi pemkot dalam kolaborasi potensi daerah dengan pemerintah pusat. Sehingga perputaran keuangan berdampak pada perekonomian masyarakat di kota Probolinggo. "Ini untuk memunculkan upaya PAD dan pengembangan UMKM," ucapnya.

Sementara itu, Muhajir Effendi mengatakan permintaan pemkot ini merupakan terobosan yang baik dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan kepada masyarakat menengah ke bawah. Seperti, nelayan, UMKM dan lainnya."Saya yakin kalau digabungkan, bisa menyesuaikan dengan keinginan presiden melalui intruksi presiden," kata Muhajir. (ang/don)