Muhammad Musleh


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-06 17:22:17

Kunjungi Pasar Takjil Ramadan, Bupati Ipuk Borong Dagangan UMKM

BERI MOTIVASI: Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meninjau Pasar Takjil Ramadan sembari memborong dagangan UMKM. Iuk bersyukur perekonomian masyarakat ini semakin menggeliat.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memborong dagangan UMKM di Pasar Takjil Ramadan. Hal itu ia lakukan sebagai bentuk dukungan pada aktivitas ekonomi masyarakat. Ipuk –sapaan akrabnya- bersyukur Ramadan tahun ini bisa dimanfaatkan pelaku UMKM untuk menambah penghasilan.

“Kita doakan UMKM yang berjualan laris, berkah, dan bermanfaat. Saya mendukung penuh UMKM bergerak dan berjualan, termasuk di Pasar Takjil Ramadan ini. Ribuan orang ikut diberdayakan dengan Pasar Takjil ini,” ujarnya di sela-sela kunjungan ke Pasar Takjil Ramada, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga : Antisipasi Arus Balik, Polresta Banyuwangi Terjunkan 920 Personel Gabungan

Di antara dagangan yang diborong istri mantan Bupati Abdullah Azwar Anas itu di antaranya pepes ikan, kolak, kopyor roti, ayam goreng, bakso ikan, aneka minuman, hingga patola. Ipuk juga mengajak warga Banyuwangi berbelanja aneka kudapan berbuka puasa di pasar-pasar takjil terdekat.

Baca Juga : Arus Balik Lebaran, Polres Jember Dirikan 11 Pos

Diketahui, ratusan Pasar Takjil Ramadan tersebar di berbagai desa dan kecamatan di Banyuwangi. Masing-masing tempat berlomba menyajikan aneka jualan yang menarik. Mulai aneka kudapan hingga beragam lauk pauk siap saji.

Bupati Ipuk  juga berkeliling ke sejumlah Pasar Takjil Ramadan. Selain memborong untuk dibagikan ke masyarakat, Ipuk juga terus memotivasi UMKM serta PKL agar menjadikan momentum Ramadan dan Lebaran meningkatkan produktivitas.

“Alhamdulillah, bulan Ramadan dan Lebaran ini Insyaallah berkah bagi UMKM dan PKL. Saya lihat Pasar Takjil Ramadan lebih semarak dibanding tahun lalu, karena situasi covid-19 semakin terkendali. Ini momentum meningkatkan transaksi dan penyerapan lapangan kerja,” kata Bupati Ipuk

Ipuk menyebut, Pasar Takjil Ramadan yang difasilitasi Pemkab Banyuwangi hingga jajaran pemerintah desa berdampak positif ke ekonomi masyarakat. Ribuan UMKM dan PKL berjualan di berbagai tempat yang telah ditentukan. Seperti di Pasar Takjil Ramadan di kawasan Jl. Letjen Sutoyo yang ditempati 280 UMKM.

“Alhamdulillah bisa berjualan. Tidak seperti tahun kemarin yang terbatas, sampai-sampai saya sulit mendapat tempat hanya sekadar untuk berjualan. Tapi ya maklum, kan waktu itu PPKM,” ungkap Ika Lorenza, salah satu pedagang aneka minuman segar di Pasar Takjil Ramadan di Jl. Letjen Sutoyo.

Hal yang sama juga diakui oleh Alif Syahlana, pedagang aneka kue dan lauk pauk siap saji. Ia mengaku berterima kasih pada pemkab karena telah memfasilitasi pasar-pasar takjil selama Ramadan ini. “Terima kasih Ibu Bupati telah memfasilitasi pasar takjil. Ini sangat membantu untuk menambah pendapatan kami,” katanya. (*/mus/sp)