Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-06 09:16:23

Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo Gelar Dianpinsat Penegak; Kak Timbul: Kader Pramuka Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat

KEPEMIMPINAN: Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo menggelar Dianpinsat Penegak se-Kabupaten Probolinggo sebagai upaya memberikan pelatihan dan pembinaan bagi pengurus Dewan Ambalan, Pemimpin Sangga, dan Wakil Pemimpin Sangga.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo menggelar Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat) Penegak se-Kabupaten Probolinggo. Kegiatan yang digelar 5-7 Agustus 2022 tersebut untuk pelatihan dan pembinaan bagi pengurus Dewan Ambalan, Pemimpin Sangga, dan Wakil Pemimpin Sangga.

Diapinsat yang digelar di kompleks kantor BKD Kabupaten Probolinggo, Dringu tersebut diikuti 35 gugus depan (gudep) dari SMA/SMK/MA se-Kabupaten Probolinggo. Di antaranya, 21 gudep SMA/SMK dan 14 gudep MA. Dengan total peserta sebanyak 92 orang terdiri dari 47 orang peserta putra dan 45 orang peserta putri.

Baca Juga : Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo Gelar Dianpinsat Penegak; Kak Timbul: Kader Pramuka Harus Bermanfaat Untuk Masyarakat

Ketua Kwacab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo Kak Drs. H. A. Timbul Prihanjoko membuka secara simbolis dalam upacara pembukaan. Dalam sambutannya, Plt Bupati Probolinggo tersebut mengatakan, Dianpinsat Penegak merupakan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi pramuka penegak dan pandega.

Baca Juga : Gowes Klasik, Menyusuri “Amazon Mini”, Plt Bupati Launching Pantai Klasik Klaseman

BERI MOTIVASI: Ketua Kwacab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo Kak Drs. H. A. Timbul Prihanjoko membuka kegiatan Dianpinsat Penegak sekaligus memberikan arahan dan motivasi bagi peserta.

“Tujuan digelarnya Dianpisat penegak ini, untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dalam mengelola satuan gerak yang meliputi ambalan, racana, dan satuan karya pramuka. Harapannya, tidak hanya meningkatkan kualitas diri, namun juga bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya.

Selain itu, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara melalui kegiatan kepramukaan.

Hasil kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kader pramuka di tingkat satuan, mengembangkan materi latihan kepramukaan yang berkaitan dengan satuan kepramukaan. Serta meningkatkan keterampilan dan kemampuan Pramuka penegak dan Pramuka pandega dalam bidang administrasi. Termasuk meningkatkan kemampuan pengelolaan administrasi dan manajemen satuan.

SIMBOLIS: Ketua Kwacab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo Kak Drs. H. A. Timbul Prihanjoko mengalungkan tanda pengenal pada perwakilan peserta Dianpinsat Penegak sebagai simbolis bahwa mereka resmi menjadi peserta.

“Saya berharap para peserta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Tidak meninggalkan kegembiraan dan kreativitas. Gunakanlah waktu sebaik-baiknya dalam mengikuti semua kegiatan, istirahatlah pada saat yang ditentukan, dan atur kegiatan yang ditentukan. Sehingga seluruh materi dapat diikuti,” pesannya.

Ketua Pelaksana Dianpinsat Cabang Probolinggo Deni Kurniadi mengatakan, dalam kegiatan ini, para peserta akan menerima 8 materi. Di antaranya, Pola Mekanisme dan Pembinaan; Sistem Administrasi Satuan; Leadership; Scout Enterpreneur; Public Speaking; Scout Project; Problem Solving; Manajemen Resiko dan Evaluasi Diskusi Penegak.

DISKUSI: Ketua Kwacab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo Kak Drs. H. A. Timbul Prihanjoko bersama pengurus kwarcab berdiskusi di sela-sela kegiatan Dianpinsat Penegak yang digelar selama 3 hari di kompleks kantor BKD Kabupaten Probolinggo.

Dianpinsat Cabang Tahun 2022 ini dilaksanakan oleh Dewan Kerja Cabang Probolinggo dengan dukungan penuh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo. “Metode yang dilakukan ceramah, diskusi, dan berkegiatan di alam terbuka,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Deni ini mengatakan, tujuannya digelarnya kegiatan ini di antaranya mengembangkan kepemimpinan, kecakapan, keterampilan, dan kemampuan dalam teknik kepramukaan. Selain itu, juga menanamkan kesadaran akan tugas dan kewajiban sebagai ketua atau wakil ketua pemimpin sangga.

“Di mana seluruh kemampuan itu diperlukan sebagai bekal untuk mengelola dan memimpin serta membina kerja sama yang baik dalam satuannya. Semoga ilmu yang didapatkan selama kegiatan dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain,” harapnya. (*/hla/sp)