Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-15 16:41:23

Lapak Liar di Pasar Semampir Kerap Bikin Macet Lalin

DITERTIBKAN: Keberadaan lapak di badan jalan depan Pasar Semampir, kerap bikin macet lalu lintas di jalur tersebut.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Puluhan lapak pedagang yang berjualan di depan Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo ditertibkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat, Selasa (15/6/2021). Penertiban 28 itu dilakukan agar lapak tersebut tidak membuat macet arus lalu lintas di depan pasar tersebut.

Koordinator Pasar Semampir, Joeli Santoso mengatakan, lapak di depan pasar tersebut memang sering kali membuat arus lalu lintas terganggu. Lapak tersebut milik banyak pedagang, mulai pedagang ikan laut, daging ayam, dan pedagang sayuran.

Baca Juga : Satpol PP Amankan 58 Orang dalam Operasi Pekat, Hanya PSK yang Di-Swab

Sebenarnya, pihaknya tidak melarang jika pedagang berjualan di area tersebut. Namun para pedagang harusnya hanya diperbolehkan berjualan pada jam-jam tertentu saja, yakni dimulai dari pukul 22.00 WIB, hingga pukul 06.00 WIB. Sehingga ketika selesai, pedagang harus pulang dan juga membawa lapaknya. "Sudah dilakukan teguran, tapi tetap ngeyel," kata pria yang karib disapa Joeli ini.

Baca Juga : Jaring PSK dan Pesta Miras, Langsung Diswab

Sementara itu, Kasi Tatib Kraksaan pada Dinas Satpol PP setempat, Arik menuturkan kalau pihaknya sering melakukan patroli keliling di daerah Kraksaan. Jika nanti ditemukan ataupun ada laporan pelanggaran, maka pihaknya akan bertindak.

Mengenai lapak yang ditertibkan itu, pihaknya akan membawa ke Markas Satpol PP. Pihaknya tidak melarang kalau pemilik lapak hendak mengambil lapaknya kembali. Hanya saja harus menyertakan surat pernyataan kalau tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. "Nanti biar diurus ke kantor," ujarnya.

Hal itu dilakukannya agar Pasar Semampir yang menjadi salah satu pasar tradisional di Kabupaten Probolinggo terlihat bersih dan tidak kumuh. (zr/don)