Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-11 19:20:41

Layanan Adminduk Dispendukcapil Jember Jadi Primadona di J-HUR

ANTUSIAS: Masyarakat Kecamatan Sumberbaru memenuhi halaman kantor kecamatan untuk mendapat pelayanan Adminduk yang digelar dalam program bertajuk Jember Hadir Untuk Rakyat atau J-HUR.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Layanan pencatatan adminduk yang dibuka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember, disambut antusias warga. Karena program bertajuk Jember Hadir Untuk Rakyat atau J-HUR itu, sangat dirasakan manfaatnya.

Pelayanan tersebut digelar tepat di depan kantor Kecamatan Sumberbaru, Jumat (11/3/2022). Sejak pagi, masyarakat telah mendatangi kantor Kecamatan Sumberbaru. Mereka datang untuk  berbagai macam kepentingan pencatatan adminduk. Mulai dari perekaman e-KTP, kartu keluarga, hingga Kartu Identitas Anak (KIA).

Baca Juga : Studi Tiru Program Desa Digital, Pemdesa Bunutin Bali Kunjungi Desa Sidomulyo

Solihati, warga Desa Sumberagung mengaku sangat terbantu dengan kedatangan petugas Dispendukcapil. Selama ini, administrasi kependudukannya tidak bisa cepat selesai.

Baca Juga : Bupati Hendy Resmi Berangkatkan Mudik Gratis dari Jember ke Madura

“Biasanya ke kecamatan itu gak langsung beres. Malah dijanji-janji, tapi gak jadi-jadi,” katanya pada tadatodays.com. Melalui pelayanan langsung dari Dispendukcapil itu, ia mengaku senang karena tak perlu repot untuk mengurus ke kantor Dispendukcapil.

Rodatul Ulum, warga lainnya rela antre agar keperluan adminduknya bisa dilayani melalui program tersebut. “Tidak apa-apa menunggu, yang penting hari ini selesai,” katanya. Pihaknya berharap saat pelayanan berikutnya, Dispendukcapil membawa petugas yang lebih banyak sehingga loket pelayanan langsung tidak hanya satu pintu.

Terpisah, Kepala Dispendukcapil Jember Isnaini Dwi Susanti saat dikonfirmasi mengatakan, langkah pencatatan jemput bola merupakan bagian semangat produktivitas yang disarankan Bupati Hendy Siswanto. “Kita harus kreatif, inovatif, dan ini (pencatatan langsung, Red) langkah produktif,” terangnya. (*/as/sp)