Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-05 16:32:07

Lepas karena Tak Diberi Makan, Seekor Monyet Lukai Warga dan Acak-acak Rumah

EVAKUASI: Petugas Damkar Kota Probolinggo ekstra hati-hati saat hendak menangkap monyet peliharaan yang lepas dan berkeliaran di rumah-rumah warga. Beruntung, hewan mamalia itu berhasil ditangkap setelah diberi umpan tomat oleh pemiliknya.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Seekor monyet peliharaan yang lepas meresahkan warga di RT 3 RW 6 Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Monyet itu sempat melukai salah satu warga dan mengacak-acak rumah. Akibatnya, peralatan dapur rusak.

Monyet itu milik Sugeng Budi Rahardjo, 21, warga setempat. Monyet tersebut lepas dari kadang, Jumat (5/11/2021) sekira pukul 12.30 WIB. Monyet yang diberi nama Bonbon itu kemudian masuk ke rumah-rumah warga. Salah satunya masuk ke rumah milik Lila Fitria, 35.

Seketika suami Lila hendak menangkapnya, sebab hewan mamalia itu telah merusak peralatan dapur. Piring dan gelas pun pecah. Bahkan monyet itu mencakar suami Lila, lalu langsung kabur.

Salah satu warga yang mengetahui langsung menghubungi call center 112. Beberapa menit kemudian, petugas damkar datang. Penangkapan itupun membutuhkan waktu 2 jam.

Lamanya proses penangkapan karena monyet tersebut berlarian di atap rumah. Beruntung sang pemilik datang dan membantu untuk menurunkan monyet tersebut, dengan cara dipancing menggunakan tomat untuk diamankan.

Sungeng Budi Rahardjo, pemilik monyet mengatakan bahwa monyet miliknya kabur karena tidak diberi makan. Sebab, ia bersama keluarganya sedang berada di Kabupaten Jember.

Setibanya di Kota Probolinggo, ia mengetahui kegaduhan tetangganya atas ulah monyetnya. "Monyet itu didapatkan Ayah saat bekerja di PLTU. Nah, kaburnya ini karena tidak diberi makan dan merusak kandang kemudian kabur," ujarnya.

Sementara itu, Lila Fitria mengaku seekor monyet masuk ke rumahnya dan melukai suaminya. Saat itu, ia sedang berada di halaman rumah. "Tahu-tahu ada monyet masuk rumah dan merusak sebagian peralatan rumah," kata Lila.

Sementara itu, Komandan Regu 1 Petugas Pemadam Kebakaran, Mohammad Saleh mengaku kesulitan menangkap monyet tersebut. "Karena keterbatasan alat yang kurang mendukung," kata Saleh.

Ia mengimbau agar warga yang memiliki hewan peliharaan untuk berhati-hati dan menjaganya agar tidak meresahkan warga. (ang/don)