Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-06 06:47:44

Libur Lebaran, Pemkab Probolinggo Andalkan Wisata Pantai

LIBURAN: Pantai Bahak di Kecamatan Tongas memiliki spot yang pas untuk bersantai di bawah pepohonan rindang sambil melihat laut lepas. Karena itu, Disporaparbud Kabupaten Probolinggo menjadi wisata pantai sebagai wisata andalan selama libur lebaran tahun ini.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) memastikan membuka destinasi wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo, di momen libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Nah, yang menjadi andalan di libur lebaran kali ini adalah wisata pantai.

Kabid Pariwisata pada Disporaparbud, Nurahman mengatakan kalau libur lebaran itu merupakan momentum bertemu keluarga. Nah, setelah acara silaturahmi selesai, warga biasanya memilih berkunjung ke tempat wisata pantai untuk bersantai bersama keluarga.

Baca Juga : Libur Lebaran di Jember, Pantai Watu Ulo dan Puncak Rembangan Jadi Andalan

Karena wisata pantai menjadi andalan masyarakat, maka Disporaparbud memaksimalkan destinasi wisata pantai yang ada di Kabupaten Probolinggo. Seperti, Pantai Duta di Kecamatan Paiton; Pantai Bahak Indah di Kecamatan Tongas dan Pantai Bentar di Kecamatan Gending. "Ada pula yang memilih pegunungan di Tiris dan Krucil," terangnya, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga : Banyuwangi Sajikan Seabrek Kegiatan Adat Selama Libur Lebaran

Meski tempat wisata dibuka, namun Nurahman memastikan bahwa pihaknya tidak akan menambah hiburan yang dapat mengundang banyak massa yang dapat memicu penularan Covid-19. Dengan demikian, setiap pengelola tempat wisata akan memaksimalkan wahana yang sudah ada.

Selain memaksimalkan wahana, Disporaparbud juga tetap menerapkan protokol kesehatan di setiap wisata. Seperti, menyediakan scan aplikasi Peduli Lindungi di setiap pintu masuk wisata dan menyediakan tempat cuci tangan. "Pengunjung wajib menggunakan masker," katanya.

Saat ditanya mengenai target PAD dari sektor tempat wisata di momen lebaran 2022 ini, Nurahman menyebutkan bahwa targetnya lebih dari 30 persen dibanding pendapatan tahun sebelumnya. (zr/don)