Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-13 05:07:32

Libur Lebaran telah Tiba, tapi Tempat Wisata Ditutup

SEPI: Tempat wisata Pantai Duta di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo tampak sepi. Ini, buntut keputusan Pemkab Probolinggo untuk menutup obyek wisata karena lebaran tahun ini masih pandemi.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Seiring dengan pelarangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 2021 dan libur nasional, Pemerintah Kabupaten Probolinggo menutup destinasi wisata di wilayahnya. Penutupan wisata dimulai pada tanggal 13 Mei hingga 23 Mei 2021.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo, Sugeng Wiyanto menuturkan, penutupan itu tertuang dalam surat edaran Bupati Probolinggo nomor : 556/ 356 /426.118/2021.

Baca Juga : Selama Lebaran, Polres Probolinggo Siapkan Posyan, Pospam dan Pospan

Surat tersebut berisi tentang penutupan sementara obyek wisata pada Liburan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, dan hari libur nasional di sektor pariwisata pada masa pandemi corona virus disease 2019 (covid-19). Surat tersebut ter tanggal 10 Mei 2021.

Baca Juga : Lebaran Tiba, Jasa Cuci Kendaraan Ketiban Berkah

Dalam surat edaran tersebut juga memerintahkan kepada seluruh kepala desa ataupun lurah, untuk berkoordinasi dengan para pengelola obyek wisata di wilayah masing-masing.

Karena tempat wisata ditutup, maka pihaknya juga tidak merencanakan even apapun pada hari dan masa libur nasional tersebut. Sugeng mengaku, dimasa pandemi ini, semua urusan sudah menjadi keputusan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 setempat, termasuk penutupan objek wisata ini. "Kita tinggal menjalankan keputusan itu," katanya melalui pesan singkat whatsapp.

Sugeng menambahkan, penutupan tempat wisata ini dilakukan semata-mata untuk kebaikan bersama, sehingga Kabupeten Probolinggo bisa terhindar dari penyebaran covid-19. (zr/don)