Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-05 12:03:45

Lima Pos Polres Probolinggo Amankan Arus Mudik dan Arus Balik

POS: Salah satu Pos Pengamanan (Pospam) yang didirikan Polres Probolinggo berada di timur Alun-alun Kota Kraksaan. Kawasan tersebut ramai kendaraan, terutama saat arus mudik dan arus balik Lebaran. Karena itu, personel gabungan yang berjaga di pospam tersebut akan memaksimalkan kelancaran lalu lintas dan kamtibmas.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Polres Probolinggo telah mendirikan lima pos dalam momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, untuk memaksimalkan pelayanan dan pengamanan selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Lima pos itu terdiri dari 4 pos pengamanan (pospam) dan 1 pos pelayanan (posyan).

Keempat pospam itu masing-masing satu pospam di Kecamatan Paiton, lokasinya berdekatan dengan pintu masuk PLTU Paiton. Sementara satu pospam lainnya berada di Kecamatan Kraksaan, tepatnya di timur Alun-alun Kota Kraksaan.

Baca Juga : Sopir Tertidur di SPBU, Barang Dicuri Pakai Tongsis

Lalu, dua pospam ditempatkan di rest area Tol Paspro kilometer 833 A dan B. Sedangkan satu posyan berada di Exit Tol Leces.

Baca Juga : H+5 Puncak Arus Balik di Terminal Tawang Alun Jember

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan pos tersebut akan dijaga oleh 295 personel gabungan selama 24 jam dengan dibagi dua shif. "Sekitar 8 orang personel di masing-masing posnya," terangnya.

Selain kepolisian, personel gabungan itu terdiri dari TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari) dan juga Forkopimka setempat.  

Arsya menjelaskan, terdapat perbedaan antara pospam dan posyan. Jika pospam itu bertugas untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas, dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerahnya masing-masing.

Sedangkan untuk posyan memiliki tugas lebih dari tugas pospam. Sebab posyan tak hanya mengatur kelancaran lalu lintas dan kamtibmas, tapi juga memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik yang butuh perawatan. "Pos ini sudah aktif mulai 22 April, sampai 9 Mei 2022 nanti," ujar kapolres asal Aceh ini. (zr/don)