Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-13 20:32:26

Lolos 3 Besar Jatim, Kampung KB Bangkit Kademangan Dikunjungi Tim Verifikasi

KUNJUNGAN LAPANGAN: Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Dra. Maria Ernawati, M.M., memimpin langsung verifikasi lapangan ke Kelurahan/Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tim verifikasi Lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) berkunjung ke Kelurahan/Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Jumat (13/05/2022). Kunjungan itu dalam rangka verifikasi faktual pada program Kampung KB Bangkit yang digagas kelurahan setempat.

Diketahui, Kelurahan/Kecamatan Kademangan lolos 3 besar dalam lomba yang digagas Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPA) serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jatim. Karena itulah, tim verifikasi melakukan kunjungan lapangan untuk memantau secara langsung pelaksanaan program tersebut.

Baca Juga : Lolos 3 Besar Jatim, Kampung KB Bangkit Kademangan Dikunjungi oleh Tim Verifikasi

KELILING STAN: Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Dra. Maria Ernawati, M.M., mengunjungi stan olahan pangan hasil pemberdayaan masyarakat.

Dalam kunjungan tersebut,  hadir langsung Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Dra. Maria Ernawati, M.M., bersama dengan tim penilai. Tim verifikasi diterima Ketua TP PKK Hj. Aminah Hadi Zainal Abidin, Sekda drg. Ninik Ira Wibawati, Plt Kepala Dinkes Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) dr. Nurul Hasanah Hidayati, dan Camat Kademangan Gofur Effendy.

Maria Ernawati dalam sambutannya mengatakan, verifikasi faktual penting dilakukan untuk validasi data dengan kesesuaian di lapangan. “Tinjauan lapangan ini untuk memverifikasi berkas. Kemudian dilanjutkan kroscek ke lapangan dengan mengamati variabel dan indikator yang menjadi dasar atau acuan dalam penilaian,” katanya.

MANFAATKAN LAYANAN: Masyarakat Kelurahan/Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo memanfaatkan layanan seperti bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia, serta data UPPKA.

Adapun yang menjadi indikator penilaian tim juri di antaranya, data Pasangan Usia Subur (PUS) baik yang ikut KB maupun tidak; usia perkawinan; kegiatan pembinaan seperti bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia, serta data Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA).

Lebih lanjut Maria –sapaan akrabnya- mengatakan, kegiatan pemilihan kampung KB ini merupakan wadah pembinaan secara menyeluruh, serta apresiasi bagi pengelolaan kampung KB yang ada di kota/kabupaten se Jawa Timur. Kampung KB yang menjadi juara nantinya akan dihadirkan pada puncak acara Harganas ke XXIX.

PERIKSA KELENGKAPAN: Tim penilai memeriksa berkas di rumah data kependudukan (Dataku) Kampung KB Bangkit Kelurahan Kademangan, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

“Melalui Kampung KB ini diharapkan muncul berbagai inovasi strategi, yang dapat dijadikan sebagai contoh dalam implementasi berbagai program prioritas di lapangan. Terutama terkait program KKBPK dan program lintas sektoral lain secara utuh dan terpadu,” terangnya.

Sementara itu, dr. Nurul Hasanah Hidayati mengatakan, program Kampung KB ini sejalan dengan misi Pemkot Probolinggo. Pihaknya optimistis Kampung KB Bangkit Kelurahan/Kecamatan Kademangan bisa meraih juara.

“Program ini memiliki daya dorong yang sangat kuat terhadap pencapaian visi dan misi kepala daerah. Utamanya misi pertama yaitu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia melalui akses bidang kesehatan dan pendidikan ekonomi,” jelasnya.

UNDANGAN: Sejumlah pihak menyaksikan kunjungan lapangan yang dilakukan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Terpilihnya Kampung KB Bangkit Kelurahan/Kecamatan Kademangan sebagai salah satu nominator Lomba Kampung KB tingkat provinsi ini patut didukung dan disyukuri. Ia berharap prestasi tersebut menjadi teladan, sekaligus memotivasi kelurahan-kelurahan lain di Kota Probolinggo.

“Tim penilai menemukan berbagai keunggulan di Kampung KB Kademangan Bangkit. Kami berharap Kampung KB Kademangan Bangkit menjadi juara tingkat provinsi dan mampu meraih prestasi saat mewakili Jawa Timur pada level yang lebih tinggi lagi,” harapnya.

Seperti diketahui, Kota Probolinggo memiliki 7 Kampung KB. Yaitu, Kelurahan Kademangan, Kelurahan Jati, Kelurahan Pakistaji, Kelurahan Kedungasem, Kelurahan Kedopok, Kelurahan Curahgrinting, dan Kelurahan Pilang. Kelurahan Kademangan pada 2019 meraih juara 1 tingkat kota dan juara 2 tingkat provinsi. (*/mel/sp)