Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-06 10:40:28

Longsor di Gumitir, Akses Banyuwangi-Jember Terhambat

JALUR SELATAN: Sejumlah pengendara terhenti dan menunggu petugas membersihkan material longsor, di Jalan Raya Gumitir, Sabtu pagi (06/02/2021).

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Kemacetan panjang terjadi di Jalan Raya Gumitir yang menghubungkan Kabupaten Jember dan Banyuwangi, Sabtu (06/02/2021) pagi. Hal itu terjadi akibat adanya tanah longsor yang menutup akses jalan tersebut.

Noval, seorang pengendara motor asal Banyuwangi yang hendak menuju Jember, mengatakan, longsoran tanah itu sampai menutupi badan jalan.

Baca Juga : Longsor Menerjang Banyuwangi, Seorang Warga Tewas, 3 Rumah Rusak

Noval mengungkapkan, kejadian longsor di Gumitir itu ia terjadi sekitar pukul 08:00 WIB. Karena longsoran itu, ia terpaksa tak bisa melanjutkan perjalanan. "Menunggu karena petugas sedang melakukan pembersihan material kayu," ungkapnya.

Ia menyampaikan, material kayu tersebut menutupi badan jalan sehingga kendaraan roda dua maupun roda empat yang ingin pergi ke Jember maupun sebaliknya tidak bisa melanjutkan perjalanan. Para pengendara harus menunggu sampai material selesai dibersihkan.

Diketahui, Jalan Raya Gumitir merupakan satu-satunya akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Jember dan Banyuwangi. Namun saat musim hujan tiba, kemacetan di jalur selatan tersebut kerap terjadi yang disebabkan tanah longsor maupun pohon tumbang.

Sementara itu, hingga pukul 10 pagi, petugas masih menyingkirkan material kayu yang menutupi badan jalan. (usm/don)