Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-15 18:13:07

Longsor Terjadi di Jalur Kecamatan Sumber, Kedalaman 10 Meter

WASPADA: Longsor yang terjadi di jalur utama Kecamatan Sumber, Sabtu (13/11) lalu, memiliki kedalaman hingga 10 meter. Kendaraan berat pun dilarang melintasi jalur tersebut. (foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Longsor terjadi di jalur utama Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (13/11) lalu. Hingga kini longsoran belum dilakukan perbaikan. Kendaraan berat pun dilarang melintasi longsoran yang terjadi di dua titik.

Dua titik longsor itu merupakan penghubung antar Desa Sumber dengan Desa Ledokombo. Tepatnya di dekat pertigaan jalan Desa Sumberanom dan Dusun Beras, Desa Tukul.

Baca Juga : BPBD Kabupaten Probolinggo Kirim Kantong Jenazah ke BPBD Lumajang

Agar longsoran tak semakin meluas, warga sekitar memasang papan imbauan yang berisi larangan melintas bagi kendaraan dengan tonase besar.

Baca Juga : Longsor, Dua Rumah di Desa Sariwani Tertimpa Material Tanah

Dihubungi melalui sambungan telepon, Sekretaris Desa Sumber, Aniko, mengatakan lalu lintas di lokasi longsoran dibuka separo. Sementara, untuk kendaraan besar tidak bisa melalui jalur menuju Kabupaten Lumajang itu. "Khawatir tambah parah," ucapnya, Senin (15/11) sekira pukul 11.00 Wib.

Aniko menyebutkan bahwa pihaknya sudah melaporkan kejadian itu ke Kecamatan Sumber untuk ditindaklanjuti ke dinas terkait.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Rahmad Waluyo, melalui Kabid Kedaduratan Sugeng S. Yoga mengatakan, ia telah meninjau dua lokasi titik longsor. Kedua titik itu masing-masing memiliki panjang 6 meter dan 9 meter. "Kedalamannya 10 meter," katanya.

Untuk langkah lanjutan, ia masih menunggu petunjuk dari Plt. Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko. “Belum diketahui apakah akan dipasang bronjong atau tidak,” ujar Sugeng. (ang/don)