Tri Amelia Agustin Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2020-10-31 14:00:43

Luncurkan Program Gaul Wis, Pemkot Probolinggo Bersih-bersih di 11 Lokasi Wisata

DUKUNG PENUH: Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin menjelaskan perihal kegiatan Gaul Wis. Yaitu bersih-bersih secara serentak di 11 destinasi wisata di Kota Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADDATODAYS.COM - Pemkot Pelrobolinggo menggelar Gaul Wis (Gerakan Aksi Untuk Lingkungan Pariwisata Kota Probolinggo) pada Minggu (01/11/20). Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional tahun 2020.

Ada 11 kawasan pariwisata yang dibersihkan dalam kegiatan Gaul Wis ini. Diantaranya Pantai Permata Pilang, Sumber Mata Air Mutiara, Amsterdam Wiroborang, Sumber Mata Air Sentong, Sumber Mata Air Ardi dan Wiroborang. Juga Taman Studi Wisata Lingkungan, MPCB Mayangan, BPR Jrebeng Lor, Kompag Jrebeng Kidul dan Sumber Hidayah Jrebeng Kidul.

Baca Juga : Sakit Jantung, Kepala Dinas Sosial Kota Probolinggo Mangkat

Kegiatan ini digelar dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, diantaranya santri, KPL, Formalis, Pokdarwis serta Paguyuban Kang dan Yuk. Meskipun digelar di tengah pandemi Covid-19, kegiatan ini tetap diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Para komponen yang terlibat dalam kegiatan ini diharapkan tertib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Baca Juga : Bersolek, Sumber Sentong Kota Probolinggo Kini Ramai Pengunjung

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin berharap kegiatan Gaul Wis ini bisa diikuti oleh seluruh komponen masyarakat tanpa terkecuali. Sebab berbicara perihal menjaga lingkungan, tidak melulu tugas pemerintah saja, melainkan ada peran serta masyarakat yang turut terlibat.

"Di samping itu, kami ingin mengangkat potensi pariwisata yang ada di Kota Probolinggo. Di masa adaptasi kebiasaan baru ini, kami mulai mengedukasi masyarakat," kata lelaki yang akrab dipanggil Habib Hadi ini pada Sabtu (31/10/20).

Dalam kegiatan ini perintah menekankan pentingnya saling dukung untuk kemajuan bersama. "Karena tanpa ada kolaborasi kebersamaan, tentunya tidak bisa melangkah sesuai dengan harapan. Karena itu dengan gerakan Gaul Wis ini sangat kami dukung untuk memajukan destinasi wisata di Kota Probolinggo," tambah wali kota.

Melalui kolaborasi, wali kota berharap, sektor ekonomi terus bergerak melalui pergerakan sektor wisata. Sekaligus proses edukasi kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, terus berjalan.

Mengenai kegiatan Gaul Wis, Minggu (1/11) Wali Kota Probolinggo akan berkeliling mengunjungi 11 kawasan wisata. Oleh karenanya seluruh masyarakat diminta ikut terlibat untuk menyukseskan kegiatan ini.

Sementara itu, menurut Kepala Dispopar Kota Probolinggo Budi Krisyanto, kegiatan Gaul Wis ini fokusnya untuk melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan pariwisata. "Kegiatan Gaul Wis ini serentak digelar di 11 kawasan wisata," pungkas Budi. (mel/hvn)