Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-10 16:33:23

Mangga Laris Manis, Naik Harga Pula

LARIS: Mangga Probolinggo laris dipesan untuk buah tangan lebaran. Selain laris, harga jualnya pun mengalami kenaikan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Berkah Idul Fitri 1443 Hijriyah juga dirasakan juragan mangga. Pesanan mangga untuk dijadikan buah tangan lebaran mengalami peningkatan. Selain pesanan meningkat, harga jualnya pun naik dari Rp 5 - 7 ribu, kini mencapai Rp 10 ribu per kilogram.

Berkah itu salah satunya dirasakan oleh Abdul Hadi (48), seorang juragan buah asal Desa Racek, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Abdul menyebut pemesanan mangga tidak hanya datang dari  Probolinggo, tetapi juga dari luar kota seperti Malang, Yogyakarta dan Jakarta. "Saya kirimnya ke pedagang di pasar buah," terangnya.

Baca Juga : Pemkab Banyuwangi Tidak Adakan Open House, Ini Alasannya

Saking banyaknya pesanan, Abdul mengaku kewalahan. Ia pun terpaksa kulakan buah mangga kepada petani mangga di Situbondo. Sebab menurutnya, sentra mangga di Kabupaten Probolinggo  hanya ada di Kecamatan Kotaanyar, Paiton dan Besuk.

Baca Juga : IDI Cabang Kabupaten Probolinggo; Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Abdul mengatakan, berdasar keterangan para pedagang yang dipasoknya, mangga laris dibeli untuk oleh-oleh lebaran para pemudik.

Selain mangga, buah alpukat juga banyak diburu, meski harganya cukup mahal dibanding hari sebelum masa mudik, yakni Rp 16 ribu per kilogram. Sedangkan harga normalnya sekitar Rp 11 ribu per kilogram. "Kalau alpukat masih ambil dari daerah Tiris," kata Abdul yang mengaku sangat bersyukur atas peningkatan pesanan buah-buahan dagangannya. (zr/why)